Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Salak

Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Salak – Tanaman Salak ialah salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh dengan subur pada kondisi lahan yang gembur. Yang mana pada keadaan tanah tersebut sangat baik untuk proses tumbuh dan berbuah hingga memberikan hasil yang lebih.

1

Akan tetapi, keadaan habitat yang baik ini terkadang tak dapat menghasilkan panen seperti yang diinginkan. Salah satu penyebabnya ialah terserang oleh hama dan penyakit. Tentu saja dari serangan ini membuat hasil panen tak optimal bahkan bisa gagal.

Perlu adanya tindak lanjut yang lebih cepat dan tepat untuk menghadapi masalah hama dan penyakit pada tanaman Salak ini. Dimana pada upaya ini tak bisa dimulai dengan langsung memberikan obat-obatan atau sejenis pestisida, tetapi harus dengan mengetahui jenis hama ataupun penyakit tersebut terlebih dahulu.

Mengetahui keadaan yang menyerang pada tanaman Salak ini bertujuan untuk memberikan perawatan yang tepat. Sehingga, penyakit dan hama tersebut clear dan Salak dapat tumbuh dengan subur.

Terdapat beberapa hama dan penyakit pada tanaman Salak, yang mana pada masing-masing masalah tersebut dapat diketahui sebab dan cara mengatasinya. Seperti halnya pada beberapa resiko berikut ini beserta perawatan yang tepat, yakni:

Hama Tanaman Salak

Jenis hama yang menyerang pada tanaman Salak ini ada beberapa, yang mana disebabkan oleh adanya para binatang yang mengganggu. Pada serangan yang ditimbulkan itu akan mempengaruhi keadaan dari batang, daun hingga buah Salak itu sendiri tak dapat tumbuh dengan sempurna. Hal ini dikarenakan adanya beberapa masalah diantaranya:

  • Kumbang penggerek tunas
  • Kumbang penggerek batang
  • Kutu wol atau putih yang menyerang pada bagian buah

Dari ketiga hama tersebut menjadikan proses pertumbuhan hingga panen yang tak sempurna. Agar hal ini bisa dihentikan, diperlukan perawatan yang tepat sasaran. Seperti pada proses pengendalian yang berupa penyemprotan pada bagian yang terserang, seperti pada ujung daun, sekitar batang dan buah. Perawatan ini bisa dimulai dari waktu pagi hari.

Babi hutan, tikus, luwak dan tupai ialah salah satu hama yang dapat merusak buah Salak itu sendiri. Sekalipun tanaman ini penuh duri, namun hama tersebut mampu membobol Salak dengan mudah. Akibatnya, hasil panen menjadi berkurang bahkan bisa gagal.

Pada hama ini, terdapat cara pengendalian yang mudah, yakni dengan melindungi Salak dengan kawat berduri. Seperti memberi sarung kawat pada tanaman tersebut, sehingga hama tersebut tak dapat menyentuh ataupun merusaknya karena adanya kawat yang tajam.

Penyakit Tanaman Salak

Selain hama, tanaman Salak juga beresiko untuk terserang penyakit, entah itu menyerang pada bagian buah, batang hingga ujung daunnya. Serangan tersebut membuat tanaman Salak menjadi bermasalah. Sehingga diperlukan beberapa cara untuk mengatasinya yang dimulai dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, seperti:

Cendawan putih

Penyakit ini menyerang pada bagian buah yang mulai merusak pada bagian kulit salak hingga seluruh buah tersebut. Akibatnya, kualitas dari buah tersebut menjadi menurun. Pada penyakit ini bisa diberantas dengan cara pengurangan kelembaban dari tanah itu sendiri atau dengan mengurangi pepohonan pelindung yang ada pada sekitar tanaman Salak.

Noda hitam

Noda gelap nan hitam in disebabkan oleh cendawan pestalotia yang menjadikan bercak-bercak hitam pada daun Salak. Bilamana daun tersebut terserang, maka diperlukan pembuangan daun yang terkena sebelum tersebar ke daun yang lain.

Busuk merah atau pink

Penyakit yang satu ini membuat batang dan juga buah Salak itu menjadi membusuk karena terserang oleh cendawan corticium salmonicolor. Untuk mengatasi penyakit ini, diperlukan pembuangan pada bagian yang terserang. Setelah itu dibakar agar penyakit tersebut tak menyerang lagi.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *