Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawo

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawo – Hama dan penyakit ialah salah satu penyebab resiko dari adanya hal-hal yang merugikan pada tanaman. Begitu juga dengan tanaman sawo yang tak terlepas dari target serangan resiko itu. Untuk itu, perlu adanya tindakan pengendalian yang mencakup pada perawatan tanaman itu agar lebih bebas dari hama dan penyakit. Dimana resiko ini bisa saja menyerang tanpa kenal waktu.

1

Setiap hama dan penyakit yang menyerang tanaman sawo, akan diperlukan beberapa proses pengendalian yang tak sama. Untuk itu, kenali terlebih dahulu resiko tersebut guna menerapkan perawatan yang tepat. Sehingga, hama dan penyakit itu tidak lagi menyerang tanaman tersebut. Karena, pengendalian yang tak sempurna, dapat menimbulkan resiko yang sama di kemudian hari. Bahkan, pada resiko yang berat, tanaman tak dapat dipanen buahnya.

Hama pada tanaman sawo dan cara mengatasinya

Hama pada tanaman sawo ini sangatlah beragam, seperti halnya pada beberapa jenis berikut ini, yaitu :

  • Lalat buah dimana lalat yang satu ini dapat menyebabkan buah sawo itu terkena bintik-bintik kecil yang berwarna hitam, bahkan bisa menjadikan busuk. Teruntuk pengendaliannya ialah melakukan sanitasi pada area di sekitar tumbuhan sawo tersebut. Bisa pula dengan membungkus buah sawo dari kecil.
  • Kutu hijau dan kutu coklat yang menyerang pada bagian daun dan ranting pohon. Serangan ini mampu menghisap nutrisi yang ada di dalamnya. Bahkan, kutu tersebut dapat menimbulkan bahaya lain dari serangan cendawan jelaga. Untuk proses pengendaliannya, bisa menyemprotkan larutan pestisida dengan dosis rendah. Pada penyemprotan ini, sebaiknya tidak mengenai buah sawonya.

Penyakit pada tanaman sawo dan cara pengendaliannya

Selain pada resiko yang ditimbulkan oleh hama, tanaman sawo juga tak terlepas dari resiko atas adanya beberapa penyakit. Dimana penyakit tersebut ditimbulkan oleh beberapa sebab berikut ini, yaitu:

  • Jamur upas yang dapat menyebar luas dari satu titik ke titik lain akibat dari hembusan angin. Timbulnya gejala ini menyebabkan sawo menjadi busuk, karena jamur tersebut meresap ke celah-celah sawo.
  • Jamur telaga yang menyebabkan serangan berupa daun yang tertutupi oleh warna hitam. Bahkan, resiko ini bisa menyerang dari buah, daun hingga rantingnya. Akibat lain, dapat menjadikan pertumbuhan tanaman ini lebih lambat.
  • Busuk buah yang disebabkan oleh jamur dengan gejala [ada kulit buah terdapat warna gelap dan kecoklatan. Sehingga, membuat buah tersebut menjadi busuk.

Atas beberapa serangan penyakit tersebut, tentu saja sangat merugikan tanaman sawo ini. Bila ini terus tak dihentikan, dapat menghambat panen serta pada resiko fatal lain. Untuk itu, atas adanya penyakit tersebut, perlu diberlakukan tindakan yang tepat, seperti:

  • Melakukan penyemprotan dengan pestisida.
  • Membuang atau memangkas bagian yang terserang oleh penyakit.
  • Membuang buah yang terserang atau telah busuk.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *