Pengertian Abrasi dan Cara Menanganinya

Pengertian Abrasi dan Cara Menanganinya – Abrasi merupakan suatu kejadian pengikisan pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya merusak. Abrasi seringkali disebut dengan erosi pantai karena kerusakan yang terjadi di sekitar pantai. Hal ini bisa terjadi apabila keseimbangan alam di daerah pantai tersebut mulai terganggu dan dikategorikan sebagai salah satu bencana akibat ketidakseimbangan ekosistem di dalamnya. Tak bisa dipungkiri bahwa terjadinya abrasi juga dapat disebabkan oleh campur tangan manusia yang kurang peduli terhadap keseimbangan alam dan memperhatikan lingkungannya.

abrasi

Dalam hal ini, abrasi dapat terjadi karena vegetasi mangrove di sekitar pantai mulai dirusak oleh manusia. Padahal, mangrove atau hutan bakau difungsikan sebagai penahan ombak dan pencegah terjadinya pengikisan pantai yang amat bermanfaat. Selain itu, pemanasan global juga berpotensi menimbulkan abrasi. Pemanasan global dapat terjadi akibat aktivitas manusia seperti tingginya pemakaian bahan bakar, aktivitas industry yang menghasilkan limbah di udara, pembakaran hutan dan lain sebagainya. Pemanasan global ditandai dengan mencairnya es pada bagian kutub yang otomatis membuat kapasitas air laut semakin meningkat dan tinggi. Itulah sebabnya abrasi dapat terjadi akibat ulah manusia sendiri.

Supaya abrasi dapat dihindari, maka berbagai cara atau upaya pencegahan dan penanganan di bawah ini perlu dilakukan oleh pemerintah dan dibantu oleh seluruh masyarakat sekitar pantai, yaitu:

  • Menanam hutan mangrove. Hal ini dapat memberi banyak manfaat, antara lain:
  • Menjaga, melestarikan dan memelihara ekosistem sekitar pantai.
  • Mencegah abrasi.
  • Mengurangi dampak tsunami.
  • Menjaga kualitas air laut.
  • Sumber oksigen bagi para makhluk hidup.
  • Membangun alat pemecah gelombang ombak, tembok laut dan revetment secara bertahap untuk meminimalisir erosi pantai.

Itulah cara-cara yang perlu dilakukan oleh pemerintah bersama seluruh masyarakat daerah setempat supaya abrasi bisa segera dihindari sebelum terlambat. Kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam sangat menentukan dan berdampak positif bagi lingkungan demi kehidupan bersama. Oleh karena itu, kerjasama yang baik antara pemerintah dengan seluruh masyarakat sangatlah penting untuk mewujudkan lingkungan hidup yang seimbang dan terjaga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *