Pengertian APBD dan APBN

Dalam sebuah rumah tangga, pasti ada ayah atau ibu yang bertugas mengatur segala pengelolaan dan pengaturan keuangan keluarga. Ada pos-pos khusus untuk menempatkan uang secara bijak agar pengeluaran tidak mengucur seperti air keran yang jebol. Sama halnya yang terjadi pada sebuah negara.

b 34

Lembaga seperti DPRD dan DPR yang menyetujui atau tidak menyetujui anggaran belanja harus mampu mengatur dan mengesahkan anggaran belanja yang bijak demi kesejahteraan masyarakat umum. Untuk mengatur kegiatan perekonomian suatu negara, maka dibentuk APBD dan APBN. Berikut ini penjelasan singkat mengenai pengertian APBD dan APBN

Pengertian APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)

Negara Indonesia terdiri dari daerah-daerah yang dikategorikan sebagai kabupaten. Ada 34 kabupaten di tanah air dan di dalam kabupaten masing-masing memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang bertugas untuk mengesahkan dan membahas suatu rancangan anggaran belanja daerah dalam jangka waktu satu tahun.

Bisa dikatakan, APBD adalah rancangan pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah selama satu tahun yang disahkan oleh DPRD kemudian ditetapkan secara hukum oleh Peraturan Daerah.

Pengertian APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara)

Jika APBD dibuat oleh pemerintah daerah, maka APBN dibuat oleh pemerintah pusat. Pengertian APBN kurang lebih sama dengan APBD, yaitu rancangan pemasukan dan pengeluaran negara yang dibuat secara detail untuk jangka waktu setahun. APBN legal menurut undang-undang dan dilaksanakan oleh negara demi kesejahteraan rakyat.

Tujuan APBN & APBD:

APBN & APBD dibuat sebagai catatan pemerintah dalam mengeluarkan kas negara ataupun memperoleh sumber-sumber pendapatan baru demi melaksanakan operasional negara. Produktivitas negara dapat dipacu jika negara memiliki sumber daya dan ekonomi yang stabil.

Baca Artikel Lainnya :

Ibaratnya, ketika berbelanja, ibu harus memiliki catatan atau daftar bahan-bahan masakan yang perlu dibeli di pasar. Nah, seperti itulah gambaran umum APBN dan APBD dibuat. Yang membedakan hanyalah, APBN dirancang oleh pemerintah pusat, sementara APBD dibuat oleh pemerintah daerah.

Semoga uraian singkat di atas, bisa membuka wawasan Anda tentang pengertian APBD dan APBN. Thanks for reading…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *