Pengertian Aransemen, Jenis, dan Cara Membuat nya

Pengertian Aransemen, Jenis, dan Cara Membuat nya – Mungkin sebagian dari kalian yang menyukai dunia seni dalam bermusik, pasti tidak asing dengan yang namanya Aransemen. Untuk kalian yang belum pernah mendengar atau mengerti apa sih Aransemen itu. Mari kita bahas.

Berdasarkan Wikipedia, pengertian Aransemen atau dalam bahasa belanda dan bahasa inggris disebut arrangement adalah penyesuaian sebuah komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang di dasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik nya tetapn tidak berubah. Di samping itu aransemen merupakan usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekadar perluasaan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandung nya.

Aransemen Vokal

Setiap lagu dapat disusun dalam dua suara, tiga suara, empat suara. Saat menyusun sebuah aransemen vokal ialah dengan menyusun aransemen lagu dalam bentuk dua suara, menyusun aransemen  dalam tiga dan empat suara ada persyaratan yang harus diperhatikan agar sebuah aransemen memiliki kualitas harmoni yang baik.

Aransemen Instrumen

Dalam menyusun instrumen sangat berbeda dengan aransemen vokal. Semakin lengkap alat musik yang  digunakan maka semakin banyak kemungkinan variasi yang diciptakan. Saat menyusun sebuah aransemen instrumen, anda harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akord. Suatu bagian dari sebuah aransemen musik biasa dikenal dengan istilah :

  1. Partituur (Belanda)
  2. Partitura (Italia)
  3. Part (Inggris)

Aransemen Campuran i

Aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan instrumen. Teknik yang dilakukan ialah dengan menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen jenis ini yang paling ditonjolkan adalah vokal, sedangkan pada instrumennya sendiri memiliki fungsi sebagai pengiring dan memeriahkan. Nhakshuwbda,j

Untuk menampilkan aransemen diperlukan adanya seorang pemimpin saat penampilannya yaitu, biasa di sebut sebagai dirigen atau conductor. Njshaxbhfdvxhd xhdb xh

Teknik Untuk Mengaransemen Lagu

Saat mengaransemen sebuak musik terdapat 3 unsur utama yang harus diperhatikan, yakni diantaranya sebagai berikut :

  1. Ritme dan pola ritme Mengaransemen

Ritme adalah panjang pendeknya bunyi yang bergerak secara teratur. Sedangkan pola ritme adalah bentuk pengulangan dari pengembangan bangunan ritme yang digunakan oleh frase melodi atau kelompok frase melodi.

  1. Melodi

Melodi ialah suatu rangkaian nada yang disusun kemudian dibunyikan secara runtut dan teratur. Sehingga dapat menghasilkan sebuah nada yang terdengar selaras dan indah.

  1. Harmoni

Harmoni adalah perpaduan nada-nada melodi dengan pola ritme yang serasi dan selaras sebagai satu kesatuan utuh suatu karya seni.

Cara Membuat Aransemen

  • Secara Tertulis

maksudnya adalah dengan cara menambahkan notasi atau pengubahan notasi dan dilakukan secara tertulis pada semua not.

  • Secara Tidak Tertulis

maksudnya adalah dengan cara melakukan pengubahan langsung pada saat menggarap lagu atau biasa disebut dengan improvisasi panggung.

Langkah-langkah Mengaransemen Lagu

  1. Memilih lagu dan menentukan lagu asli yang akan diaransemen
  2. Menganalisis syair
  3. Mengamati, mencermati, dan memahami melodi lagu asli tersebut yang akan diaransemen
  4. Menetapkan bentuk aransemen yang akan dilakukan
  5. Mencari dan menentukan progresi akord
  6. Menentukan irama, tempo, tangga nada dan dinamika
  7. Membuat sketsa dan menyusun aransemen

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *