Pengertian Argumentasi dan Paragraf Argumentasi

Pengertian Argumentasi

Secara singkat dan umum, argumentasi berasal dari kata argumen yang memiliki pengertian sebagai suatu pendapat, ide, gagasan dan pemikiran seseorang tentang suatu hal.

q 14

Sebuah argumentasi harus disertai dengan bukti atau fakta yang dapat mendukung pendapat atau idenya tersebut. Argumentasi kerap digunakan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Salah satunya argumentasi digunakan atau dikembangkan menjadi sebuah karangan atau paragraph.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Lalu seperti apakah paragraph argumentasi itu? Paragraf argumentasi diartikan sebagai suatu karangan atau salah satu jenis paragraph yang berisi ungkapan pendapat, ide, gagasan serta pemikiran penulis mengenai suatu hal.

Paragraph argumentasi juga harus disertai dan dilengkapi dengan beragai alasan, bukti-bukti atau fakta yang aktual, data hasil penelitian, beragam teori ahli, serta sejumlah contoh-contoh yang akan mendukung dan meyakinkan pembaca mengenai isid ari paragraph argumentasi tersebut.

Tujuan paragraph argumentasi ini pun yakni untuk mempengaruhi atau meyakinkan pembaca terhadap pendapat yang disampaikan agar sesuai dan sejalan dengan pemikiran dan pendapat sang penulis.

Paragraf argumetasi tentu memiliki ciri yang membedakannya dengan jenis karangan atau paragraph lain. Ciri-ciri paragraph argumentasi yaitu.

  • Isi dari paragaf argumentasi yaitu sejumlah pendapat, ide, gagasan, pendangan, serta keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan atau fenomena yang sedang terjadi.
  • Memiliki berbagai data pendukung untuk meyakinkan pendapat penulis kepada pembaca.
  • Menguraikan dan menjabarkan permasalah tersebut dengan cara menganalisa serta menganalogikannya, sehinggga dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca.
  • Akhir dari paragraph argumentasi berisi kesimpulan yakni berupa pendapat atau ide yang lebih luas, bukan sebagai penegasan dari topic utama.

Adapun langkah-langkah untuk menulis sebuah paragraph argumentasi yang baik dan benar serta tujuannya dapat tersampaikan, yakni sebagai berikut.

  • Menentukan topic permasalahan yang akan dibahas dan disampaikan pada paragraph argumentasi.
  • Membuat dan merumuskan tujuan penulisan paragraph argumentasi tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

  • Mengumpulkan sejumlah bahan dan data, seperti alasan, bukti, fakta, serta beragam pernyataan dan contoh yang mendukung.
  • Membuat kerangka paragraf
  • Mengembangkan kerangka menjadi sebuah paragraph argumentasi yang utuh dan jelas.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *