Pengertian Atau Definisi Revolusi

Pengertian Atau Definisi Revolusi – Pengertian revolusi adalah kondisi perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung sangat cepat erat hubungannya dengan landasan atau pokok – pokok kehidupan yang terjadi di dalam suatu masyarakat.

Di dalam rangkaian terjadinya proses revolusi, perubahan – perubahan yang terjadi dapat dilakukan dengan sengaja atau tanpa sengaja terlebih dahulu dan rangkaian ini mampu untuk dijalankan tanpa melalui proses kekerasan, dimana perubahan yang terjadi bisa disengaja atau tanpa disengaja dan mampu dijalankan tanpa kekerasan atau justru dengan melalui sebuah kekerasan.

Di dalam sebuah proses perubahan, masing – masing mempunyai ukuran kecepatan terhadap adanya sebuah / beberapa perubahan yang bersifat relatif karena di dalam proses revolusi akan memakan waktu yang cukup lama.

Revolusi menghendaki suatu usaha / upaya guna merobohkan, menjebol atau justru membangun sistem – sistem lama terhadap sebuah sistem yang baru dengan kondisi berbeda dari kondisi lama.

Revolusi erat hubungannya dengan dialektika, romantika, dan logika.

Nah di bawah ini kami akan memberikan beberapa pengertian atau definisi dari revolusi menurut para ahli sebagai berikut :

1. Menurut Koentjaraningrat.

Revolusi adalah sebuah usaha guna mampu hidup disesuaikan dengan kondisi perkembangan zaman dan terlibat di dalamnya adalah ‘konstelasi’ dunia zaman sekarang.

2. Menurut Selo Soemardjan

Pakar ini mengemukakan pendapat bahwa revolusi adalah masing – masing perubahan yang terjadi di dalam beberapa lembaga sosial pada suatu masyarakat yang dampaknya akan mempengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya terhadap nilai – nilai, sikap, dan pola perilaku diantara kelompok dari dunia tengah dalam masyarakat.

3. Menurut Schoorl

Revolusi adalah sebuah sistem penggantian yang dilakukan dengan cara – cara tradisional erat hubungannya dengan sebuah produksi melalui beberapa cara yang ditampung dalam wadah seperti dalam sebuah revolusi industri.

4. Menurut Wijoyo Nitisastro

Merupakan sebuah proses dari terjadinya perpindahan total dari sebuah kehidupan tradisional secara bersama – sama menuju kepada zaman teknologi yang lebih baik / pra modern dalam artian bahwa organisasi sosial tertentu ditujukan kepada pola ekonomi dan politik.

5. Menurut Soerjono Soekanto

Adalah salah satu wujud adanya perubahan sosial dimana di dalamnya terdapat perencanaan tersusun secara sederhana dengan tujuan untuk melakukan perubahan sosial / perubahan yang diarahkan dan didasarkan atas sebuah ‘planning’ sosial.

6. Menurut Kingsley Davis

Mengemukakan bahwa revolusi merupakan salah satu penyebab adanya perubahan sosial yang terjadi di dalam struktur yang melibatkan fungsi – fungsi masyarakat.

7. Menurut Harold Rosenberg

Mengartikan revolusi adalah sebagai sebuah tradisi baru yang prosesnya mengacu kepada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana terjadinya erosi pada tempat – tempat umum terutama di daerah pedesaan.

8. Menurut Astrid S. Susanto

Menjelaskan bahwa revolusi adalah sebuah proses yang dilakukan untuk melaksanakan proses pembangunan yang berkesinambungan guna memperoleh banyak kesempatan untuk menjalankan beberapa perubahan demi sebuah kemajuan.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian atau definisi dari revolusi untuk para pembaca, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *