Pengertian Bakteri Autotrof dan Bakteri Heterotrof

Jenis bakteri sangatlah banyak, akan tetapi bakteri dikelompokkan berdasarkan klasifikasinya. Pada kesempatan kali ini, ada dua jenis bakteri yang didasarkan dari bagaimana cara memperoleh makanannya.

Bakteri tersebut adalah bakteri autotrof dan bakteri heterotrof. Bakteri juga seperti manusia, untuk bisa hidup serta berkembang biak mereka membutuhkan makanan, seperti bakteri ini.

l 114

Bakteri autotrof

Bakteri autotrof merupakan bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dari atau melalui senyawa anorganik. Untuk keperluan membuat makanan, bakteri ini perlu menyusun makanannya.

Bakteri autotrof berasal dari dua kata yaitu, auto berarti sendiri dan trophein berarti makanan. Bakteri autotrof juga memiliki jenis, diantara jenis tersebut yaitu antara lain :

  1. Bakteri fotoautrotof : merupakan bakteri yang dalam proses pembuatan makanannya sendiri dilakukan dengan mengunakan energi yang berasal dari proses fotosintesis atau berasal dari cahaya matahari. Beberapa contoh dari bakteri ini adalah Rhodopseudomonas, Rhodospirillum, Thiocystis, Thiospirillumdan Chlorobium.
  2. Bakteri kemoautotrof : merupakan bakteri yang sumber proses pembuatan makanannya berasal dari energi kimia. Energi kimia tersebut berasal dari senyawa organik yang melakukan reaksi oksida, misal seperti FeCO3, HNO2, belerang dan amonia.

Beberapa contoh dari bakteri ini adalah leptothrix acharacea dan cladothrix, nitrosococcus, nitro somonas, dan thibacilius ferrooxidans (bakteri yang mengoksidasi amonia), nitrobacter, bakteri yang mengoksidasi gas hidrogen (hydrogenomonas), bakteri yang menghasilkan gas metana (methanomonas) dan thibacilius thiooxidans.

Bakteri heterotrof

Bakteri heterotrof adalah jenis bakteri yang tidak dapat menghasilkan makannya sendiri, atau menghasilkan makanannya dari organisme lain. Berikut beberapa contoh bakteri heterotrof, yaitu :

  1. BakteriSaproba (Pengurai)

Merupakan bakteri yang menghasilkan makanan dengan cara menguraikan organisme yang sudah mati. Bakteri ini bertugas sebagai dekomposer pada tumbuhan, bangkai, dan sampah. Contohnya adalah Cellvibrio, Cellfacicula, Beggiatoa albadan lain sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Bakteri Parasit

Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang mendapatkan makanannya dari organisme lain yang menjadi tempat hidupnya.

Bakteri ini akan mendapat keuntungan sedangkan organisme lain akan mendapat kerugian. Sebagai contoh adalah Francisellatularensisyang menyebabkan penyakit tularemia pada hewan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *