Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi Dan Struktur Biografi

Pengertian Biografi

Secara sederhana, biografi diartikan sebagai riwayat hidup seseorang. Biografi terdiri dari biografi singkat dan biofragi panjang. Biografi singkat umumnya hanya menjelaskan riwayat hidup seseorang secara singkat, yakni fakta-fakta serta peran penting orang tersebut.

Sedangkan biografi panjang ditulis menjadi sebuah kisah yang panjang dan lebih detail. Biografi ini berisikan informasi secara lengkap yang bersifat sangat penting. Umumnya biografi panjang ini dibuat untuk tokoh-tokoh yang memiliki peran dan pengaruh penting.

p 116

Dalam membuat biografi, terutama biografi panjang dibutuhkan sejumlah bahan utama serta bahan pendukung. Bahan utama penunjang biografi seperti diantaranya buku harian, surat-surat, dan sebagainya. Bahan pendukung bisa berupa biografi lain, buku referensi, dan lain-lain.

Jadi, biografi merupakan sebuah kisah nyata dari perjalanan hidup seseorang yang biasanya tokoh terkenal dan berperan penting. Sehingga biografinya disusun sebagai sejarah yang bisa diambil manfaatnya.

Ciri-ciri Biografi

  • Memiliki Struktur

Biografi memiliki unsur yang terdiri dari tujuan, kejadian serta reorientasi.

  • Berbentuk Narasi

Biografi terdiri dari sejumlah informasi dan fakta yang disusun dalam bentuk cerita atau narasi.

  • Sebuah Kisah Nyata

Biografi merupakan kisah nyata berdasarkan peristiwa hidup seseorang yang disusun menjadi sebuah narasi atau cerita.

Struktur Biografi

  • Orientasi

Struktur pertama dalam sebuah biografi yakni Orientasi. Orientasi dalam biografi merupakan bagian yang berisi pengenalan tokoh serta menceritakan gambaran atau perjalanan kehidupan awal tokoh tersebut.

  • Peristiwa/Masalah

Bagian ini merupakan struktur penting dalam sebuah biografi. Dimana pada bagian ini berceritakan sejumlah peristiwa atau kejadian penting yang pernah dihadapi. Serta beragam masalah yang pernah dilaluinya dalam menggapai tujuan dan cita-cita.

Selain itu, pada bagian ini juga setiap hal-hal menarik, mengesankan, mengagumkan serta mengharukan yang penah dialami sang tokoh juga diceritakan dengan bahasa yang juga menarik.

Baca Artikel Lainnya :

  • Reorientasi

Struktur terakhir yakni Reorientasi yang juga sebagai bagian penutup dari sebuah biografi. Umumnya reorientasi merupakan bagian yang berisi mengenai pandangan penulis biografi terhadap tokoh yang diceritakannya. Namun bagian ini bersifat opsional, dimana tidak semua penulis wajib menuliskannya.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *