Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya

Mahluk hidup merupakan mahluk yang berperan besar dalam kehidupan didunia. Dan lingkungan adalah objek yang harus dijaga dan dirawat oleh mahluk hidup demi keberlangsungan hidupnya. Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang berisi komponen-komponen mahluk hidup.

r 120

Berdasarkan tingkatan trofiknya, komponen biotik dibedakan menjadi :

  1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof adalah kumpulan organisme yang dapat berfotosintesis, baik organisme seluler maupun multiseluler. Contohnya adalah lumut, tumbuhan berbiji (dikotil maupun monokotil), ganggang, fitoplankton, dan jenis tumbuhan paku-pakuan.

Mereka akan berfontosintesis untuk menghasilkan glukosa (karbohidrat) dan oksigen. Komponen autotrof merupakan komponen paling besar yang menghasilkan energi dalam ekosistem.

  1. Komponen Heterotrof

Komponen heterotrof adalah kumpulan organisme yang memanfaatkan bahan organik sebagai makanannya yang disediakan oleh organisme lainnya. Hal ini dapat dilihat dalam siklus rantai makanan.  Organism heterotrof diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Herbivora, berperan sebagai komsumen pertama (I) yang memakan produsen dalam hal ini adalah tumbuhan. Sebagai contoh tikus yang memakan padi di sawah.
  • Karnivora I, yang bertugas sebagai konsumen sekunder yang memakan konsumen I. Misal ular yang memaka ntikus.
  • Karnivora II, berperan untuk memakan konsumen II. Misalnya burung elang yang memakan ular.
  • Dekomposer, merupakan organisme lain yang berperan untuk menguraikan konsumen tingkat akhir didalam tanah. Contohnya adalah bakteri dan jamur yang akan menguraikan burung elang jika mati.

3. Produsen

Produsen akan mengubah zat anorganik menjadi zat organik yang dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya sebagian besar adalah tumbuh tumbuhan hijau, lumut, alga, tumbuhan paku-pakuan, dan lain sebagainya.

  1. Konsumen

Konsumen merupakan mahluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makannya sendiri. Sehingga konsumen bergantung pada mahluk hidup lain untuk menghasilkan makanan dengan cara memangsa. Baik organisme autotrof maupun organism heterotrof.

  1. Dekomposer

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa decomposer merupakan organisme yang dapat menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik.

Baca Artikel Lainnya :

Hasil tersebut akan digunakan kembali oleh produsen untuk menghasilkan makanan. Biasanya yang berperan sebaagai dekomposer ialah bakteri-bakteri pembusukan yang terdapat didalam tanah dan juga jamur.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *