Pengertian Cinta Menurut para Ahli

Cinta nampaknya memang bukan suatu hal yang dapat didefiniskan melalu kata-kata, karena cinta merupakan buah dari sebuah emosi atau perasaan. Hal tersebut yang membuat cinta sulit dikaitkan dalam sebuah proses intelektual karena setiap orang dalam merasakan cinta mempunyai pengertian masing-masing dalam memandang konsep cinta tersebut.

a 3

Oleh karena itu pun banyak sekali pengertian mengenai konsep cinta ini dan merupakan suatu hal yang sulit untuk menentukan yang mana pengertian cinta yang benar-benar tepat. Walaupu begitu ada beberapa ahli yang mencoba untuk menjelaskan pengertian tentang cinta menurut pandangan mereka.

Berikut adalah pengertian cinta yang dijelaskan oleh para ahli :

  • Rabiah Al-Adawiyah:Cinta menurut Rabi’ah Al-Adawiyah adalah sebuah ungkapan akan kerinduan dari perasaan yang terdalam. Bagi yang merasakan cinta, mereka akan mengenalinya. Tapi bagi mereka yang menggunakan untuk menyifati cinta, mereka akan gagal.
  • Kahlil Gibran : Menurut Kahlil Gibran, cinta merupakan bentuk kebebasan di dunia, karena cinta dapat menumbuhkan semangat kemanusiaan dan sebuah gejala yang bersifat alami pun tidak bisa mengubahnya. Kahlil Gibran mengibaratkan cinta sebagai seekor burung cantik yang meminta untuk ditangkap tapi menolak untuk disakiti.
  • Jalauddin Rumi : Pengertian cinta yang dikemukakan oleh Jalauddin Rumi adalah cinta merupakan sumber dari segala sesuatu di dunia ini karena dengan cinta lah kehidupan ini ada.
  • Quraish Shihab : Quraish Shihab menjelaskan bahwa cinta merupakan kecendurungan hati terhadap sesuatu yang muncul akibat manfaat ataupun kenikamatan yang mereka dapat dari sesuatu yang dicintainya.
  • Musfir bin Said az-Zahrani : Cinta menurut Musfir bin Said az-Zahrani adalah emosi terpenting yang ada pada kehidupan manusia. Karena dengan adanya cinta dapat menyatukan hati-hati manusia yang mampu membentuk kasih sayang di antara manusia.
  • Hamka : Cinta yang dijelaskan oleh Hamka merupakan perasaan yang harus ada pada seluruh manusia. Hamka mengibaraktan bahwa cinta seperti tetes embun yang berasal dari langit, yang bersifat bersih nan suci. Namun tanah lah yang secara berbeda dapat menerima cinta. Jika setetes embun tadi jatuh ke sebuah tanah yang subur, maka akan tumbuh sebuah hati yang suci, kesetiaan, keikhlasan, dan segala hal yang terpuji. Sebaliknya jika tetes embun tadi ada pada tanah yang tandus maka akan tumbuh kedustaan, penipu, dan hal tercera yang lain.
  • Eric Fromm : Menurut Eric Fromm cinta meruapakan seni yang membutuhkan pengetahuan dan juga latihan. Cinta merupakan suatu kegiatan dan bukan sesuatu yang pasif. Cinta sendiri menurut Eric Fromm mempunyai esensi dimana dengan cinta muncul kreativitas dalam diri seseorang khususnya dalam hal memberi dan juga menerima.
  • Scott Peck : Cinta menurut Scott Peck merupakan suatu keinginan dalam hal pengembangan diri sendiri dengan tujuan untuk menjaga pertumbuhan spitiual bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *