Pengertian, Ciri-ciri dan Klasifikasi Filum Chordata

Pengertian, Ciri-ciri dan Klasifikasi Filum Chordata – Apakah anda sudah mengetahui mengenai Chordata? Jika belum maka sangat tepat sekali anda membaca artikel ini. Chordata merupakan salah satu kelas dari hewan yang bisa anda pelajari demi memenuhi beberapa persayaratan. Nama dari chordata ini memang unik sehingga akan membuat beberapa orang asing dengan nama ini. Namun setelah anda mempelajarinya pasti anda tidak akan lagi asing dengan nama ini.

a

Pengertian chordata

Jika berbicara mengenai sebuah pengertian, maka sebelum anda memasuki lebih dalam mengenai chordata ada baiknya jika mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Chordata sendiri merupakan sekumpulan hewan yang memiliki tulang belakang yang pastinya akan sangat membantu anda membedakannya dengan binatang lain. Chordata merupakan kelas hewan yang mirip dengan vertebrata dan berbeda dengan invertebrata.

Ciri-ciri chordata

Setiap hewan pasti memiliki ciri-ciri begitu pula dengan Chordata yang memiliki beberapa ciri-ciri yang akan membuatnya mudah untuk dikenali. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari Chordata antara lain :

  1. Memiliki notokroda yang merupakan tongkat gelatinosa yang nantinya akan menjadi kaku sesuai dengan pertumbuhannya.
  2. Memiliki bentuk tubuh yang simetris bilateral.
  3. Memiliki tabung saraf yang berada di notokrodanya.
  4. Memiliki ekor yang akan mengarah pada anus
  5. Memiliki celah antara faring

Klasifikasi chordata

Semua hewan pastinya memiliki klasifikasi yang berbeda-beda yang akan membedakan mereka dengan hewan lainnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari beberapa klasifikasi ini agar lebih mudah pada saat akan menganalisanya. Berikut ini adalah beberapa klasifikasi chordata antara lain:

  • Hemichordata, merupakan chordata yang memiliki bentuk tubuh menyerupai cacing dan memiliki fertilisasi secara eksternal.
  • Urochordata, merupakan hewan yang biasanya menjadi parasit di laut yang luas dan lepas.
  • Cephalochordata, merupakan hewan yang memiliki bentuk mirip ikan namun ukuran tubuhnya lebih kecil.
  • Vertebrata, merupakan hewan yang hidup di air tawar dan juga di darat dan memiliki ciri ruas pada tulang belakang.

Ada beberapa hal yang bisa anda pelajari mengenai hewan yang sudah banyak mulai dikenal ini. Namun beberapa orang masih merasa asing dengan klasifikasi dari hewan ini karena ada yang hewan di air dan juga ada yang di darat. Klasifikasi ini sebenarnya dikumpulkan karena adanya persamaan klasifikasi seperti adanay notokroda.

Contoh chordata

Untuk beberapa binatang yang termasuk dalam chordata pastinya akan sulit untuk dikenali karena sebagian merupakan binatang yang tidak sering kita temui. Beberapa binatang yang termasuk dalam kelas Chordata ini seperti cacing laut, ular, buaya, Molgula sp dan Branchiostoma sp. Beberapa binatang tersebut adalah binatang yang memang akan sulit ditemui karena memang merupakan binatang yang hidupnya di tempat yang terpencil dan sebagian adalah binatang bersel satu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pengertian, Ciri-ciri dan Klasifikasi Filum Chordata

  1. Pingback: Pentingnya Belajar Ilmu Biologi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *