Pengertian, Ciri, dan Klas (Jenis) Protozoa

Pengertian, Ciri, dan Klas (Jenis) Protozoa – Protozoa berasal dari bahasa Yunani yaitu kata Protos yang berarti pertama dan Zoo berarti hewan, jadi protozoa adalah hewan pertama.

Protozoa bersifat mikroskopik yaitu tersusun dari satu sel yang memiliki ukuran sekitar 10 mikron hingga sekitar 6 mm.

anak nakal

Di dalam sel tersebut terdapat beberapa alat untuk penunjang jehidupannya, seperti rongga (vakuola), mitokondria, inti (nukleus) dan butir inti (nukleolus).

Mereka hidup diperairan secara soliter maupun berkoloni yang merupakan penyusun zooplankton. Makanan protozoa meliputi bakteri, materi organik dari organisme yag telah mati.

Ciri – ciri umum protozoa :

  1. Bersel tunggal (organisme uniseluler)
  2. Memiliki membran nukleus atau int (Eukariotik)
  3. Hidup berkoloni dan soltire
  4. Hidupnya bebas, menjadi parasit.
  5. Membentuk kristal ketika bertahan hidup
  6. Memiliki alat gerak pseudopodia, flagela (sillia)

Protozoa dibagi menjadi 4 kelas berdasarakan alat gerak yaiutu :

  1. Rhizopoda

Rhizopoda berasala dari bahasa Yunani yaitu Rhizo = akar dan Podos = kaki. Rhizopoda disebut juga dengan Sarcodina yang berasala dari bahasa Yunani juga, yaitu Sarco =daging.

Sel rhizopoda akan membentuk Pseupodia (kaki semu) hasil dari gerakan ketika penjuluran sitoplasma. Kaki semu tersebut berfungs sebagai alat gerak dan pemangsa makanan.

  1. Flagellata

Flagellata berasal dari kata Flagel yang berarti cambuk atau disebut dengan Mastigophora yang berasal dari bahas Yunani, Mastig = camuk dan Phora = gerakan.

Flagellata bergerak menggunakan bulu cambuk atau flagellum. Flagellum terletak pada belakang sel (posterior) atau pada bagian depan (anterior) dan tak smeua flagelllata memiliki  dua flagellium.

  1. Ciliata

Ciliata (latin , Cilia berarti rambut kecil) atau Chilipora (yunani, phora berarti gerakan) bergerak menggunakan sillia (rambut getar).

Cilia memiliki nama lain Infusoria (latin, Infus berarti menuang) yang terdapat pada seluruh permukaan sel atau isa juga pada bagian tertentu. Sillia juga digunakan sebagai alat bantu ketika makan.

  1. Sporozoa

Sporozoa adalah protozoa yang tidak memiliki alat gerak, sehingga mereka menguba kedudukan tubuhnya ketika akan bergerak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *