Pengertian, Ciri dan Ordo Aves

Pengertian, Ciri dan Ordo Aves – Tahukah anda bahwa mahkluk hidup juga memiliki beberapa klasifikasi yang akan membuat mereka akan mudah dibedakan. Salah satu mahkluk hidup yang memiliki banyak klasifikasi adalah hewan. Di dalam dunia hewan, ada beberapa klasifikasi seperti aves, reptil dan pisces. Adanya klasifikasi ini adalah untuk mempermudah mereka pada saat akan mempelajari beberapa hewan ini. Salah satu klasifikasi yang paling mudah untuk dipelajari adalah kelas Aves.

a1

Pengertian Aves

Aves merupakan salah satu kelas bagi hewan yang bisa membuat kita lebih mudah dalam mengenalinya. Kelas aves ini merupakan salah satu yang paling mudah untuk dipelajari karena memiliki ciri-ciri yang mudah dan familiar di kalangan banyak orang. Selain itu beberapa binatang aves mudah untuk ditemukan di alam dan beberapa lingkungan lain.

Ciri-ciri Aves

Ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk mengenali beberapa jenis dan juga ciri-ciri dari binatang yang masuk dalam kelas aves. Berikut ini adalah ciri-ciri dari binatang yang merupakan aves antara lain:

  1. Memiliki sayap yang bisa digunakan untuk terbang dan juga tidak.
  2. Tubuhnya ditutupi oleh bulu yang tebal.
  3. Memiliki suhu tubuh yang panas.
  4. Memiliki 4 ruang jantung yang ada 2 bagian yaitu atrium dan ventrikel.
  5. Memiliki membran nikitan pada kantong mata.
  6. Memiliki sistem pencernaan yang sempurna.

Melihat dari ciri-ciri di atas maka anda sudah dapat menebak binatang apa saja yang merupakan binatang aves. Ini akan mudah sekali ditebak karena ciri-ciri di atas sudah menunjukkan bahwa binatang aves adalah binatang yang bisa terbang seperti burung. Oleh karena itu binatang ini akan dengan mudah kita temukan di sekitar alam kita.

Ordo dalam Aves

Setelah kita mempelajari mengenai ciri-ciri dan juga contoh dari binatang aves ini, maka kita juga bisa mempelajari beberapa ordonya yang akan membagi aves. Berikut ini adalah beberapa ordo dalam aves antara lain:

  • Ordo Pelecaniformes, contoh burung pelikan dan burung camar,
  • Ordo Ciconiiformes, contoh blekok dan burung flamingo,
  • Ordo Anseriformes, contoh angsa dan entok,
  • Ordo Galiformes, contoh merak dan kalkun,
  • Ordo Columbiformes, contoh perkutut dan merpati.

Berdasarkan beberapa ordo diatas juga anda bisa mengetahui secara lebih detail binatang apa saja yang sebenarnya masuk dalam kategori aves ini. Untuk itu anda bisa mempelajari aves ini secara lebih mudah. Sebenarnya terdapat 12 ordo dari binatang aves yang akan semakin memperjelas klasifikasi dari binatang ini. Setiap binatang pastinya memiliki ciri khusus yang akan membedakan mereka dengan binatang lainnya yang ada. Jadi dengan mempelajari aves ini anda akan lebih mengenal aves dan juga bagian dari keluarga lainnya seperti beberapa ordo yang ada.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pengertian, Ciri dan Ordo Aves

  1. Pingback: Kromosom dan Struktur-struktur di Dalamnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *