Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Mollusca

Pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Mollusca merupakan hewan lunak yang baik, yang memiliki bentuk tubuh tanpa cangkang, namun adapula yang memiliki cangkang ibarat siput. Istilah Mollusca berasal dari kata Molluscus dari bahasa yunani yang artinya lunak.

g 48

Sifat dari hewan ini adalah tripoblastik slomata atau bertubuh lunak serta multiselular. Untuk mempelajarinya lebih detail mengenai jenis hewan ini, dapat diketahui melalui cabang ilmu biologi yaitu zoologi atau lebih tepatnya malakologi.

Hingga saat ini diperkirakan ada 75,000 sampai dengan seratus ribu hewan jenis ini baik yang masih berwujud maupun dalam bentuk fosil atau sejarah kehidupannya.

Jenis hewan ini dapat ditemui hidup di air tawar, air laut, darat bahkan juga ada di air payau. Habitatnya secara umum di daerah lembab, seperti pegunungan yang tinggi atau pada palung benua laut.

Ciri-Ciri hwan Mollusca dapat diketahui dari bentuk tubuhnya yang lunak, namun juga dapat diketahui melalui beberapa hal berikut:

  • Mempunyai lidah yang bergigi atau disebut
  • Berkembang biak secara seksual
  • Umumnya selain lunak bentuknya tidak beruas-ruas.
  • Termasuk jenis hermafrodit yang memiliki dua jenis kelamin dalam satu tubuh
  • Memiliki cincin syaraf dimana hal tersebut merupakan system syarafnya.

Contoh dari binatang Mollusca seperti Cacing, siput,dan masih banyak lagi contoh binatang Mollusca yang dpat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Selai dari cirinya tersebut Mollusca juga dapat di klasifikasikan menjadi 5 jenis antara lain :

  • Amphineura, merupakan jenis hewan lunak dan mereka memiliki cangkang yang dapat berfungsi sebagai atap rumah pada tubuhnya. Umumnya cangkang tersebut berbahan dasar kapur.
  • Gartropoda, jenis ini merupakan hewan lunak yang bergeraknya dengan menggunakan perutnya sebagai alat bantu gerak. Di dalam tubuhnya hewan ini tepatnya pada bagian perut dapat mengeluarkan lender, lender tersebut mempunyai manfaat untuk melindungi perutnya ketika ia bergerak dan bergesekan dengan tanah.
  • Cephalopoda,Pada jenis ini di bagian kepala terdapat dua kaki dan ia tidak memiliki cangkang.

Baca Artikel Lainnya :

  • Scaphopoda, jenis ini memiliki taring atau terompet pada bagia tubuhnya, umumnya habitatnya di didaerah berlumpur atau pasir.
  • Pelecypoda, jenis ini memiliki kaki pipih dan cangkang berlapis 3.

Dari beragam pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Mollusca secara umum jenis hewan ini berperan menyuburkan tanah yang dilaluinya. Sebagai contoh cacing yang hidup di tanah yang yang gembur dampaknyapada tanaman semakin tumbuh subur.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *