Pengertian dan Beberapa Fungsi dari Server Proxy

Pengertian Server Proxy

Pengertian dari Server Proxy adalah sebuah program komputer atau dapat disebut sebagai server dari komputer yang mampu bertindak sebagai komputer lainnya dalam melakukan permintaan terhadap sebuah isi yang ada pada internet.

f 69

Server Proxy juga menjadi sebuah gateaway untuk para komputer klien dalam dunia internet. Komputer klien tidak akan melihat sebuah server proxy yang membuat para pengguna yang melakukan interaksi melalu internet dengan sebuah server proxy tidak akan mengetahui bahwa server proxy sedang menangani sebuah request.

Request dari server proxy akan diterima oleh web server dan akan langsung menginterpretasikan request tersebut sehingga request itu tampak muncul secara langsung dari komputer klien, bukan melalui server proxy.

Server proxy sangat berguna untuk menyimpan alamat-alamat website yang menjadi favorit pelanggan. Dikarenakan server terlah mentimpan halaman web yang sering dikunjungi, maka dengan adanya server proxy para pelanggan bisa secara cepat mengakses website favorit mereka.

Fungsi Server Proxy

Server Proxy memiliki 3 (tiga) fungsi utama yaitu :

1. Connection Sharing

Server Proxy berfungsi sebagai connection sharing dimana server proxy dapat bertindak sebagai gateaway yang menjadi batas antyara jaringan luar dan jaringan lokal. Selain itu, gateaway ini juga menjadi sebuah titik dimana terdapat koneksi dari pengguna lokal dan juga koneksi jaringan luar yang terhubung kepadanya.

Oleh karena itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan memanfaatkan sambungan yang gateawat miliki secara bersama-sama.

2. Filtering

Server Proxy juga memiliki fungsi sebagai filtering dimana sever proxy bekerja pada layar aplikasi sehingga dapat berfungsi menjadi firewall paket filtering yang dimanfaatkan untuk melindungi jaringan lokal dari gangguan jaringan luar. Selain itu server proxy sebagai filtering juga dapat melakukan konfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu juga.

3. Caching

            Server Proxy memiliki sebuah mekanisme dalam penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari berbagai server di internet. Mekanaisme itu disebut sebagai chaching, dimana mekanisme tersebut akan menyimpan obyek-obyek yang menjadi permintaan para pengguna internet.

Sekian uraian mengenai Pengertian dan Beberapa Fungsi Server Proxy, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *