Pengertian dan Beberapa Fungsi dari WAP

Pengertian WAP (Wireless Applicartion Protocol)

Definisi dari WAP (Wireless Applicarion Protocol) adalah sebuah protokol aplikasi dimana perangkat teknologi yang mempunyai layanan wireless dapat mengakses internet. Dengan hadirnya WAP, berbagai informasi dapat kita dapatkan setiap saat hanya dengan menggunakan perangkat teknologi portabel yang kita miliki seperti dengan smartphone ataupun laptop yang kita miliki.

f 70

WAP memiliki cara kerja yang hampir sama dengan cara kerja internet dimana jika pengguna komputer membutuhkan sebuah gateaway yaitu ISP untuk menghubungkan komputer dengan internet begitu juga dengan WAP yang membutuhkan sebuah WAP gateaway untuk menghubungkan perangkat teknologi yang kita miliki dengan internet dalam mengirim dan menerima data.

Pada awalnya yang mengembangkan Protokol WAP ini adalah sebuah WAP Forum yang beralamat www.wapforum.org yang didirikan oleh Motorola, Ericsson, Nokia, dan Unwired Planet pada tahun 1997.

WAP forum sendiri merupakan sebuah organisasi nirlana yang memiliki tujuan untuk menetapkan standar dalam memberikan layanan akses internet melalu alat wireless. Standar ini lah yang digunakan platform global untuk membuat jalur yang berbeda namun sejalan dengan internet.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang bergabung dengan WAP Forum baik itu dari vendor ponsel, software developer, maupun service provide. Oleh karena itu, WAP Forum kemungkinan akan membuat perkembangan teknologi semakin canggih, mengingat saat ini kebanyakan orang lebih banyak menggunakan perangkat teknologi komunikasi portabel seperti handphone dibandingkan dengan komputer.

Fungsi WAP (Wireless Access Point)

Terdapat 4 (empat) fungsi dari WAP ( Wireles Access Point), yaitu :

  1. 1. Access Pointmempunyai fungsi dalam mengatur lalu lintas data, sehingga dapat memungkinkan banyak Clientyang dapat saling terhubung melalui jaringan.
  2. 2. Sebagai Hub atau Switch yang berfungsi dalam menghubungkan jaringan wireless dengan jaringan lokal.
  3. 3. Mengatur agar AP dapat berfungsi sebagai DHCP server.
  4. 4. Access point juga mempunyai fungsi untuk memancarkan atau mengirim koneksi data/internet melalui gelombang radio, dan area coverage yang dijangkau dipengaruhi oleh ukuruan kekuaran sinyal dimana jika kekuatan sinyal besar maka akan semakin luas juga jangkauannya.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Fungsi WAP, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *