Pengertian dan Beberapa Fungsi RAM

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory merupakan suatu perangkat keras yang terdapat dalam susunan mainboard di sebuah komputer. Pengertian dari RAM sendiri adalah tempat  dimana data disimpan sementara pada komputer saat komputer tersebut dijalankan dan mampu diakses secara acak.

f 72

Fungsi dari RAM sendiri adalah untuk mempercepat proses data dalam sebuah PC. Jadi semakin besar RAM yang dimiliki oleh sebuah PC maka akan semakin cepat juga kerja dari PC tersebut.

RAM sangat mempengaruh kinerja sebuah PC, hal ini dikarenakan karena RAM merupakan penyedia ruang pengimpanan sementar untuk PC sehingga data-data mudah diambil dan mempercepat loading data serta program yang diakses.

RAM yang terdapat pada sebuah kopunter berbentuk seperti chip. Jadi dalam sebuah komputer terdapat slot khusus pada Motherboard yang memang ditujukan untuk memasukan RAM. Jenis dari slot RAM sangat beragaram tergantung dari jenis RAM-nya. Berikut akan di jelaskan jenis-jenis dari RAM :

  1. DRAM (Dynamic Random Acces Memory) : Merupakan sebuah memori bersifat semikonduktor yang membutuhkan kapasitor untuk tumpuan dalam melakukan refresh data yang terdapat didalamnya. Susunan dari DRAM sendiri tidak terlalu rumit hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor/bit, hal ini yang membuat DRAM mempunyai kepadatan yang tinggi. Frekuensi kerja yang dimiliki DRAM pun beragam yaitu antara 4,77 Mhz hingga 40 Mhz. DRAM memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory) namun lebih rendah dibandingkan dengan SRAM(Static Random Access Memory).
  2. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) : Jenis RAM yang satu ini mempunyai kemampuan lebih cepat jika dibandingkan dengan RAM yang biasa dalam melakukan akses dan transfer data. Bentuk dari EDORAM lebih panjang jika dibandingkan dengan RAM jenis Single Inline Memory Modul (SIMM). Slot memori yang dimiliki oleh EDORAM ini adalah 72 pin dan kecepatannya mencapai lebih dari 66 Mhz.
  3. SRAM (Static Random Access Memory) : Jenis RAM, SRAM ini terbuat dari semacam semikonduktor dan tidak membutuhkan kapasitor juga penyegaran yang dilakukan secara berkala yang membuat SRAM ini lebih cepat. Meskipun demikian SRAM memiliki kelamahan yaitu biaya produksi yang mahal sehingga jenis RAM yang satu ini hanya tersedia dalam jumlah kecil dan digunakan untuk menangani bagian yang sangat penting.
  4. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) : SDRAM yang merupakan jenis RAM kelanjutan DRAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM karena telah diskronisasi oleh clock sistem sehingga memiliki kecepatan sampai 199 Mhz.
  1. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) : Jenis RAM yang pertama kali digunakan oleh komputer berpentium 4 ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi. RDRAM memiliki slot sebanyak 184 pin dan kecepatan hingga 800 Mhz. Bentuk dari RDAM ini adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM).
  1. FPM DRAM (First Page Mode DRAM) : Merupakan jenis RAM yang mempunyai bentuk asli dari DRAM. FPM DRAM ini memiliki laju transfer maksimum untuk cache L2 hampir sebesar 176 MB per detik. FPM DRAM sendiri bekerja pada frekuensi 16 Mhz hingga 66Mhz dengan akses waktu sekitar 50ns.
  1. SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) : Jenis RAM yang satu ini dapat ditemukan dalam perangkat sebuah notebook. Bentuk dari SO-DIMM ini lebih besar dari DDR yang membuat space menjadi lebih hemat karena tentunya disesuaikan dengan bentuk dari notebook yang tidak sebesar sebuah PC.
  1. VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) : Jenis RAM ini berfungsi untuk menyimpan kandungan pixel pada sebuah paparan grafik. Penggunaan VGRAM ini akan membuat tampilan video menjadi lebih baik dan mengurangi beban kepada CPU.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *