Pengertian dan Bentuk Dari Molekul

Pengertian dan Bentuk Dari Molekul – Molekul sendiri ialah kumpulan dari dua atom atau lebih yang berada di dalam susunan tertentu, ia terikat oleh ikatan kimia atau gaya kimia. Molekul ini terbentuk disebabkan karena adanya dua atom atau lebih yang berkaitan, satu dengan lainnya. Molekul ini juga memiliki unsur yang relative sama, misalnya O2 yang biasa terdapat di oksigen serta yang berada di atom yang memiliki unsur berbeda. Contoh yang lain ialah H2O, molekul ini terdiri dari 2 atom H serta 1 atom O. Bila membentuk molekul ini, atom-atom yang ada harus memiliki ikatan yang sangat kuat serta kovalen hal ini bertujuan agar molekul tersebut tidak bisa dianggap menjadi molekul yang tunggal.

a

Molekul juga merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki hubungan erat dengan atom. Hubungan yang terjadi ini dikarenakan bila di sana memiliki molekul, sudah pasti di sana juga telah memiliki atom, jarang sekali di temukan atom ini mampu berdiri dengan sendiri dikarenakan atom ini saling melekat serta mengikat antara satu dengan yang lainnya. Atom yang terikat antara satu dengan yang lainnya akan membentuk bagian yang kecil dari senyawa, ataupun zat yang mampu berdiri dengan sendiri. Molekul memiliki bentuk yang sangat kecil, bahkan sulit sekali untuk melihatnya dengan mata telanjang.

Atom yang berada di dalam molekul ini saling memiliki keterikatan agar stabil dengan membagikan eletron, sehingga terbuatlah suatu bentuk dari molekul. Bentuk yang dihasilkan ini ialah perkiraan dari sususan atom yang molekulnya berdasarkan pada susunan pasangan electron. Walaupun bentuk molekul ini tidak bisa dilihat secara jelas, namun bentuknya ini mampu diramalkan menggunakan teori, yaitu teori dari VSEPR serta hibridasi.

ika teori dari VSERP, teori ini ialah teori yang mampu menjelaskan struktur yang berada pada ruang molekul bila dilakukan dengan pendekatan tepat. Teori ini juga menjelaskan ikatan yang berasal dari antar atom yang mampu mempengaruhi bentuk dari molekul dengan berdasar pada tolakan yang dihasilkan oleh pasangan elekron yang berada pusat sekitar atom. Electron yang digunakan dengan cara berpasangan ini berada di kulit terluar atom, baik untuk pasangan yang bebas maupun pasangan yang terikat, mereka akan saling menolak antara satu dan yang lain sehingga ia menempati posisi yang sangat jauh, karena itu untuk meramalkan bentuk molekul teori ini menggunakan titik electron pada suatu atom.

Teori yang lain ialah hibridasi. Teori ini ialah proses pencampuran dari obital atom yang berada di suatu atom yang berfungsi untuk menghasilkan sebuah orbital yang baru sebelum ia di bentuk untuk menghasilkan ikatan kovalen. Orbital tersebut bisa di bentuk menjadi suatu hasil untuk penggabungan banyak orbital yang tidak setara.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pengertian dan Bentuk Dari Molekul

  1. Pingback: Virus dan Penyakit-penyakit yang Disebabkannya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *