Pengertian dan Beragam Tentang Printer

Pengertian dan Beragam Tentang Printer – Siapa yang tidak mengenal printer, perangkat keras ini merupakan perangkat yang wajib ada  baik dalam sebuah perkantoran ataupun rumah pribadi.

Untitled

Saat ini hampir semua pekerjaan diolah menggunakan komputer dan untuk mencetak hasil pekerjaan tersebut tentu diperlukan sebuah perangkat, yang kita semua tahu printer merupakan perangkat tersebut. Sekedar tahu fungsi printer memang bukan menjadi sebuah kesalahan tapi alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa sebenarnya definisi printer dan macam-macam printer sendiri. Dalam artikel ini akan membahas kedua hal tersebut.

Printer sendiri adalah sebuah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data digital yang tersimpan pada komputer. Printer dapat terhubung dengan komputer melalui kabel USB. Untuk dapat bekerja tentunya sebuah printer juga membutuhkan daya listrik. Pada saat pertama kali ingin menggunakan printer sebuah printer harus melalu proses instalasi drive pada komputer terlebih dahulu untuk dapat bekerja.

Ketajaman hasil print diukur dalam satuan dpi atau dot per inch (banyaknya titik dalam satu inci). Semakin tinggi dpi dari printer, maka akan semakin tajam hasil cetakannya. Untuk kecepatan print, diukur dalam satuan ppm (page per minute) yakni banyaknya halaman yang mampu dicetak printer per menit.

Data digital yang bisa dicetak oleh printer sendiri beragam, printer bisa digunakan untuk mencetak berbagai pesan, gambar, dan tampilan lainnya dari komputer ke media berupa kertas atau sejenisnya. Oleh karena itu, printer mempunyai beberapa jenis yang dapat mempengaruhi hasil cetakan. Berdasarkan dari hasil cetakannya, printer terbagi menjadi tiga jenis yaitu dot-matrix, inkjet, dan laser jet.

Dibawah ini akan dijelaskan apa perbedaan dari kertiga jenis printer tersebut :

Printer Dot-Matrix

Printer ini merupakan printer yang biasa sering kita jumpai, digunakan untuk mencetak dokumen transaksi, seperti yang kita lihat di kasir-kasir bank, pasar swalayan, minimarket, wartel, dan di stasiun kereta api. Printer Dot-Matrix menggunakan pita karbon sebagai material pencetaknya dan menimbulkan suara desing saat mencetak dokumen. Printer Dot-Matrix mencetak dengan cara mengetuk pita seperti dalam mesin ketik biasa.

Printer Inkjet

Jika Anda bertanya-tanya jenis printer apakah yang ada di rumah anda ataupun kantor anda, printer itu adalah printer jenis Inkjet. Berbeda dengan printer Dot-Matrix yang mengeluarkan suara desing saat mencentak, Printer Inkjet sama sekali tidak mengeluarkan bunyi desing saat mencetak.

Pada Printer Inkjet yang menjadi material pencetak adalah tinta berbahan dasar air. Cara kerja printer inkjet adalah mencetak dengan cara memasukkan satu demi satu titik warna ke area gambar. Cara inilah yang membuat hasil yang diperoleh dan printer lnkjet sangat baik.

Printer Laser

Harga memang terkadang tidak bisa bohong, Jenis printer ini memang tergolong mahal jadi wajar saja jika jenis printer yang satu ini menghasilkan cetak yang jauh lebih baik daripda printer jenis dot-matrix dan inkjet.

Bentuk dan cara pengoperasian Printer Laser ini mirip dengan mesin fotokopi, yaitu menggunakan photographic drum sehingga hasil cetakannya cepat kering. Printer laser mempunya kemampuan mencetak yang sangat cepat dan dapat mencapai lebih dan 10 lembar per menit. Printer jenis ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen atau objek yang membutuhkan hasil cetak dengan ketajaman cetak tinggi.

Baca Juga Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *