Pengertian dan Cara Membuat Tempe

Pengertian dan cara membuat tempe perlu diketahui agar kita lebih mengerti bagaimana proses dari adanya tempe. Tempe merupakan makanan yang berbahan dasar kedelai danpastinya sudah sering kita temui dan mungkin sudah tida sering lagi, bahkan setiap hari.

g 91

Baik dari kalangan menengah ke bawah ataupun menengah keatas. Selain harga yang terjangkau serta cara penyajiannya yang mudah tempe juga memiliki gizi yang tidak kalah dengan makanan yang lainnya. Salah satunya adalah protein.

Tempe mrupakan salah stu makanan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka dari itu mengkonsusi tempe adalah salah satu cara agar pertumbuhan tulang pada bayi bisa terus berkembang. Karena itulah kenapa tempe menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Bahkan sekrang ini kepopuleran tempe tidak hanya di Indonesia saja. Kepopuleran tempe saat ini sudah mencapai keseluruh pelosok dunia. Bagimereka yang tidak mengkonsumsi daging atau vegetarian, mereka memilih tempe sebagai gantinya.

Tempe dibuat sejak beberapa abad yang lalu oleh masyarakat Indonesia, kususnya masyarakat jawa. Yang pastinya proses pembuatannya pada wktu itu masih sangt manual dan sederhana. Berbeda dengan proses pembuatan tempe pada saat ini. Dimana proses pembuatannya sudah menggunakan alat yang lebih canggih dan modern.

Tempe yang enak dimakan menggunakan kualitas bahan yang baik. Sebenarnya banyak bahan dasar yang dapat digunakan untuk membuat tempe, misalnya saja menggunakan kedelai. Untuk mendapatkan tempe yang baik kualitasnya harus menggunakan kedelai yang bagus dan tidak tercampur dengan biji-biji yang lain seperti biji kacang hijau jagung atau kacang tanah.

Dalam proses pembuatan tempe harus mengikuti prosedur pengolahan yang cukup panjang dan cermat. Pada dasarnya pembuatan tempe adalh sebuah proses menumbuhkan sepra jamur yang disebut Rhizopus Sp pada biji kedelai.

Baca Artikel Lainnya :

Ketika jamur tersebut sedang dalam proses pertumbuahnnya, jamur tersebut membentuk benang benang yang akan mengikat kedelai yang satu dengan yang lainnya sehingga menjadi sebuah tempe, dan benang benang itu disebut dengan benang hifa.

Itulah pengertian dan cara membuat tempe. Kita semua bisa membuat tempe sendiri untuk melestarikan tempe di Indonesia dan luar negeri.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *