Pengertian dan Cara Pembuatan Tahu

Pengertian dan cara pembuatan tahu – Pengertian dan cara pemuatn tahu. Selain tempe tahu jugu merupak makanan yang berdasar kedelai. Tahu merupakn teman bagi tempe. Biasanya dimana ada tahu disitu juga ada tempe.

Tapi tahu dan tempe memiliki tekstur yang berbeda, tapi soal rasa mereka sama sama memiliki rasa yang lezat, tergantung pada pengolahannya.

Untitled

Yang tentunya selain rasa yang enak dan juga harga yang bersahabat tahu juga memiliki kandungna gizi yang hamper sama seperti tempe. Karena mereka berdua sama sama terbuat dari kedelai, yakni memiliki kandungan proteinyang tinggi juga.

Sekarang ini di indonesi sudah banyak yang menjadi pengusaha tahu. Kususnya diwilayah Kediri jawa timur. Merupakn pusat tahu yang terkenal dengat tahu kuningnya. Berbagi macam olahan tahu tersedia disana.

Mulai dari tahu putih biasa, tahu kuning sampai setik tahu juga ada. Selain tahu kuning dari Kediri juga ada tahu sumedang. Walaupun sama sama tahunya, tapi memiliki cirri khas rasa yang berbeda. Dan masih ada tahu tahu yang lainnya.

Bagi anda para pencinta tahu sudah taukah cara pembuatnya? seharusnya anda sebagai pecinta makanan tahu belum merasakan kepuasn sebelum mengetahui cara pembuatanya juga. Saat ini dalam membuat tahu ada dua versi, yakni versi yang tradisional dan satu lagi versi modern.

Ntuk embuat tahu tradisional dan pastinya sangat sederhana.Tentunya bisa anda coba dirumah. Bagi para pecinta tahu yang ingin membuat tahu sendiri.

  1. Bersihkan kedelai hingga bersih. Dan lakukan pencucian hingga tig sampi empat kali, agar benar benar bersih.
  2. Kemudian pisahkan kedelai dengan kulit ari yang sangt tipis.
  3. Setela terpisah dengan kulitnya, tumbuk atau haliskan kedelai hinga halus.
  4. Setelah kedelai menjadi halus, sekarang masukan ke tempat pemasakn, rebus kedelai hinga airnya mendidih.
  5. Kemudian saring kedelai samil diaduk- aduk. Penyaran menggunakan air asam.
  6. Selanjutnya adalh meisahkaan kedelai yang telah mnggumpal dari air asam tadi.
  7. Cetak tahu sesuai keinginan.
  8. Kemudian rebus ulang tahu supaya lebih padat dan tahan lama. Jika anda menginginkan tahu kuning tingal campur denga kunir atau serbuk kunir saat perebusannya, sehingga tahu berwarna kuning.

Baca Artikel Lainnya :

Begitulah cara pembuatan tahu secara tradisional menggunakan alat yang sedrhana. Semoga kedepanya bisnis tahu bias berkambang dan menjadi salah satu lapangan pekerjaan di Indonesia.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *