Pengertian dan Ciri-ciri Pisces

Pengertian dan Ciri-ciri Pisces – Saat ini mungkin yang anda ketahui dari pisces adalah salah satu bagian dari horoskop perbintangan. Namun yang sebenarnya, pisces berasal dari kelas dalam dunia hewan. Kelas pisces ini merupakan binatang-binatang yang hidup di dalam air dan biasanya bernapas menggunakan insang. Jadi untuk mempelajari binatang ini cukup mudah karena sebagian besar dari mereka adalah binatang dalam air yang bisa kita sebut juga dengan ikan.

a

Pengertian pisces

Pisces merupakan salah satu kelas dalam pengklasifikasian hewan yang pastinya merupakan binatang-binatang yang hidup di dalam air. Klasifikasi hewan ini akan mempermudah beberapa peneliti untuk mempelajari beberapa binatang ini. Untuk dapat mengetahui klasifikasi yang cocok maka anda juga dapat mempelajari hewan ini berdasarkan dengan ciri-ciri yang ada pada hewan ini.

Ciri-ciri pisces

Semua hewan pastinya memiliki klasifikasi dan juga ciri-ciri yang berbeda yang akan membuat mereka terlihat berbeda dengan binatang yang lainnya. Begitu pula juga dengan kelas Pisces yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut antara lain:

  1. Hewan yang tinggal dan tumbuh di dalam air.
  2. Bernapas menggunakan alat pernapasan berupa insang.
  3. Perkembangbiakan secara seksual atau ovipar.
  4. Alat geraknya berupa sirip.
  5. Memiliki peredaran darah yang tertutup.
  6. Memiliki sisik pada tubuhnya yang berguna sebagai rangka luar dari tubuhnya.

Hewan pisces ini juga dibagi ke dalam beberapa kelas dan juga beberapa kelompok. Ini pastinya akan sangat membuat hewan ini berada dalam keberagaman. Ini akan menjadi salah satu hal yang penting pada saat mempelajari sebuah hewan. Pisces sendiri memiliki 3 kelompok binatang yang akan membedakan mereka satu sama lain. Berikut ini adalah pengelompokan pisces antara lain:

  • Chondrichtyes, merupakan ikan yang memiliki tulang yang rawan dan berciri-ciri melakukan pembuahan secara internal maupun eksternal.
  • Agnatha, merupakan jenis ikan yang memiliki mulut bulat tetapi tidak memiliki rahang dan juga memilki notokorda.
  • Osteichthyes, merupakan ikan yang memiliki rahang dan juga tulang yang keras dan memiliki insang dan sisik pada tubuhnya.

Contoh-contoh Pisces

Setelah kita mengetahui beberapa ciri dari binatang pisces maka kita akan semakin mengetahui bahwa pisces ini merupakan binatang yang berupa ikan-ikanan. Binatang ini akan semakin mudah dipelajari jika anda sedang melakukan studi kasus. Binatang yang merupakan contoh dari kelas pisces ini seperti ikan paus, ikan pari, ikan tuna dan beberapa jenis ikan lainnya. Kita juga bisa mengklasifikasikan beberapa binatang ini ke 3 kelas yang ada diatas. Ini merupakan kelas yang cukup penting dalam pisces karena memang akan sangat membantu beberapa orang yang ingin belajar mengenai hewan. Anda bisa meneliti beberapa ikan untuk membuktikan kebenaran dari ciri-ciri di atas.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Pengertian dan Ciri-ciri Pisces

  1. Pingback: Mengenal Sistem Reproduksi Bakteri | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Ciri dan Klasifikasi Filum Arthropoda | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Habaportal.com

    ooo rupanya itu ya ciri-ciri pisces, saya baru tau om, ijinkan untuk saya share, kebetulan saya ini adalah seorang mahasiswa perikanan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *