Pengertian dan Contoh Cerita Rakyat

Pengertian dan Contoh Cerita Rakyat – Cerita rakyat merupakan salah satu karya sastra lama yang berupa mitos atau fakta yang diceritakan oleh masyarakat dari jaman dulu sampai sekarang, yang diturun temurunkan dan belum diketahui kebenarannya.

Contoh cerita rakyat sangat banyak di Indonesia salah satunya adalah cerita rakyat yang berkembang di Desa Manggarmas, kabupaten Grobokan Profinsi Jawa Tengah.

Cerita rakyat tentang terbentuknya Api Abadi Mrapen. Api abadi ini merupakan abi yang tidak pernah padam dan merupakan salah satu simbol dari Indonesia.

Api abadi mrapen sering digunakan sebagai api pembukaan pekan olahraga nasional dan pada tahun 2018 digabungkan dengan api dari india sebagai api pembuka Asia Games.

Cerita rakyat yang berkembang pada masyarakat desa tersebut adalah dahulu saat Sunan Kalijaga pulang dari kerajaan Majapahit untuk menjemput Dewi Roso Wulan mereka istirahat di suatu daerah yang sekarang disebut mrapen. Saat itu waktunya malam hari dan para prajurit kedinginan.

Akhirnya Sunan Kalijaga membuat unggun dari batu yang ada disekitar lokasi tersebut api yang muncul itu dapat menghangatkan para prajurit tersebut. Namun api tersebut sampai keesokan hari saat rombongan tersebut melanjutkan perjalanan tidak kunjung padam.

Dan sampai sekarang tetap tidak padam, tempat tersebut yang sekarang disebut sebagai Api Abadi Mrapen. Saat hendak melanjutkan perjalanan salah satu prajurit melihat bunga kelapa atau biasa orang jawa menyebutnya manggar berwarna emas. Warna emas itu dikarenakan terpantul sinar matahari.

Prajurit tersebut tidak mau ikut pulang dan memutuskan untuk tetap tinggal, karena itu desa tersebut sekarang disebut sebagai Desa Manggarmas. Tidak hanya itu cerita rakyat yang berkembang disana, di kawasan yang sekarang menjadi cagar budaya tersebut terdapat batu besar yang memiliki mitos juga.

Batu tersebut disebut Watu Bobot mitos yang berkembang jika ada yang bisa mengangkat batu tersebut sampai di atas kepala. Orang tersebut akan mendapatkan semua keinginannya baik itu kekayaan atau yang lainnya, jika tidak terangkat maka yang terjadi sebaliknya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *