Pengertian dan Contoh Dari Kodominan

Ada berbagai macam faktor yang mempunyai peran di dalam penentuan bagaimana salah satu organisme ini akan terlihat serta bertindak. Anda tentu tidak asing dengan kodominan bukan? Anda bisa melihat serta bertindak seperti yang Anda inginkan, hal ini dikarenakan gen yang Anda miliki, gen ini ialah unit informasi yang bersifat turun temurun serta terletak di segmen kromosom.

fu 34

Salah satu fenomena kodominan ini berada di dalam warna bulu sapi yang berjenis Shorthorn. Di dalam sapi Shorthorn ini alel yang berwarna merah serta putih pun terjadi. Persilangan ini antara merah dan putih mantel. Pada sebuah pemeriksaan yang berada dekat dengan hewan roan juga mengungkapkan apabila mantel sendiri terdiri dari campuran warna merah serta putih.

Gen yang difungsikan untuk suatu sifat yang tertentu ini mungkin berada di dalam bentuk yang berbeda, atau yang lebih dikenal dengan alel. Contoh dari sebuah alel atau pun gen ialah warna bunga. Sebuah bunga memang mempunyai alel yang bisa mengubahnya menjadi warna pik atau pun merah. Alel yang sering muncul saat mereka hadir sebagai alel dominan.

Alel ini ditutupi serta di sembunyikan oleh alel yang lebih dominan dan sering dikenal sebagai alel resesif. Dalam berbagai situasi ini kedua alel memang di sajikan serta mempunyai bentuk yang relatif sama. Skenario genetik yang dimana alel tidak begitu dominan maupun resesif serta keduanya ini dapat dinyatakan sebagai kodominan.

Salah satu contoh ialah golongan darah. Pasti Anda tahu tentang golongan darah. Jenis darah ialah contoh yang amat baik dan tepat untuk kodominan. Golongan darah pada orang bisa B, A, AB hingga O.

Tahukah Anda dari mana asalnya huruf-huruf ini? sebenarnya huruf ini mempunyai asal dari jenis protein yang berada di dalam darah, bila Anda mempunyai tipe protein A, maka golongan darah Anda akan di sebut sebagai A. Bila Anda ialah seseorang yang mempunyai protein yang bertipe B, Anda mempunyai golongan darah B, namun bila Anda mempunyai tipe darah O, maka protein tidak berada di dalam tubuh Anda.

Bila Anda memiliki jenis golongan AB, berarti Anda mempunyai kedua protein yakni A serta B yang berada di dalam darah Anda.

Jika seseorang mempunyai darah yang bertipe A maupun tipe B, hal ini bisa di artikan apabila mereka mempunyai atau kecenderungan A dominan serta B dominan alel yang berada di dalam darah yang mereka miliki. Saat hal ini terjadi, semua alel yang lainnya akan di tutupi.

Bila seseorang mempunyai tipe O, ini berarti jika baik A atau B ialah alel yang dominan, namun jika ia bertipe golongan AB, hal ini bisa diartikan jika alel A atau pun alel B akan sama-sama di ekspresikan serta alel ini ialah dominan.

Berikut berbagai macam sifat dari kodominan, antara lain:

  • Pengaruh dari alel yang mereka miliki sama-sama begitu mencolok,
  • Mereka tidak memiliki percampuran efek yang berasal dari dua alel,
  • Kedua alel ini akan menghasilkan efek yang mereka miliki dengan cara yang mandiri,
  • Fenotipe ini menyatakan ialah kombinasi yang berasal dari dua fenotipe serta alel yang mereka miliki,
  • Tidak ada sebuah efek kuantitatif.

Ringkasan dari kodominan:

Organisme yang bertindak serta terlihat dikarenakan gen yang mereka miliki. Alel ini ialah bentuk dari gen saat 2 alel untuk sebuah sifat yang sama dengan tidak resesif ataupun dominan akan menciptakan kodominan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *