Pengertian dan dari kegiatan Tujuan Menulis

Pengertian dan dari kegiatan Tujuan Menulis – Menulis pasti merupakan hal yang hampir semua orang pernah lakukan. Namun sebenarnya apakah pengertian dari menulis itu ?

Menulis dapat dijelaskan sebagai suatu kegiatan untuk menuangkan pikiran, perasaan, dan gagasan yang dituangkan kedalam bentuk bahasa tulis.

Untitled

Menulis juga dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk mencurahkan pikiran juga perasaan ke dalam bentuk tulisan yang dihararpkan tulisan tersebut dapat dimengerti oleh pembacanya, dan menulis merupakan alat komunikasi secara tidak langsung.

Jika disimpulkan dari kedua definisi di atas makan pengertian menulis adalah kegiatan seseorang dalam menyatakan isi pikiran dan perasaanya yang ditujukan untuk para pembacanya yang disampaikan dalam bahasa tulis agar dapat dipahami oleh pembaca.

Adapun pengertian lain mengenai menulis, sesuai yang tertera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu menulis diartikan sebagai bentuk kelahiran dari isi pikiran atau perasaan dengan tulisan, hal tersebut dapat berbentuk sebuah karangan atau juga surat.

Tujuan dari Menulis

Dalam proses menulis tentunya seseorang memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari menulis sendiri sangat bervariasi, hal ini bergantung dari ragam tulisan yang ada. Secara umum tujuan dari menulis dapat dibagi sebagai berikut :

  • Menjelaskan atau Memberitahukan
  • Meyakinkan atau Mendesak
  • Menceritakan Suatu Hal
  • Mempengaruhi Pembaca
  • Menggambarkan Suatu Hal

Selain itu tujuan yang sudah dijelaskan di atas, masih ada tujuan dari menulis yang dilihat dari segi kepentingan pengarangnya, berikut adalah tujuan menulis dari segi kepentingan pengarangnya :

  1. Tujuan Penugasan (Assignment Purpose)

Maksud dari tujuan penugasan ini sebenarnya tidak memiliki tujuan sama sekali. Penulis melakukan penulisan karena sebuah tugas yang diberikan bukan berdasarkan keinginan sendiri.

Contohnya seperti para pelajar yang diberi tugas untuk membuat makalah, ataupun karyawan yang ditugaskan untuk membuat laporan.

  1. Tujuan Altrutistik (Altruistic Purpose)

Penulisan ini memiliki tujuan untuk menyenangkan para pembacanya, menghindarkan duka yang dialami pembaca, atau ingin membantu para pembaca dalam memahami, menghargai perasaan juga penalarannya, dan ingin menghidupkan para pembacanya. Tujuan ini merupakan kunci dari keterbacaan suatu tulisan.

  1. Tujuan Mengajak (Persuasive Purpose)

Dalam hal ini sebuah tulisan memiliki tujuan untuk meyakinkan atau mengajak para pembacanya untuk mempercayai kebenaran mengenai gagasan yang disampaikan.

  1. Tujuan Penerangan (Informational Purpose)

Maksud dari tujuan ini adalah memberikan informasi atau keterangan kepada para pembacanya,

  1. Tujuan Pernyataan Diri (Self-Expressive Purpose)

Merupakan tujuan yang memperkenalkan ataupun menyatakan diri pengarangnya bagi para pembaca.

  1. Tujuan Kreatif (Creative Purpose)

Dalam penulisan yang memiliki tujuan kreatif ini para penulisnya memiliki keinginan untuk mendapatkan norma artistik atau seni yang ideal. Dan tulisan ini juga bertujuan untuk mencapai nilai artistik atau nilai kesenian.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Tujuan Pemecahan Masalah (Problem-Solving Purpose)

Dalam sebuah tulisan yang memiliki tujuan pemecahan masalah ini adalah para penulis mencoba untuk memahami masalah dan juga memecahkan masalah yang dihadapi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *