Pengertian dan Definisi Afinitas Elektron

Pengertian  dan Definisi Afinitas Elektron – Terdapat beberapa pengertian dan definisi yang menjelaskan tentang Afinitas Elektron.

Namun secara umum afinitas elektron dapat diartikan sebagai besarnya energi yang dibebaskan pada satu atom netral dalam wujud gas pada saat menerima satu elektron yang mengakibatkan terbentuknya suatu ion negatif.

Untitled

Jika energi ionisasi selaku dikaitkan dengan pembentukan ion posifit, maka afinitas elektron selalu dikaitkan kepada ion negatif. Kedua hal tersebut banyak digunakan untuk unsur-unsur yang terdapat pada golongan 6 dan 7 pada tabel periodik.

Yang membedakan energi ionisasi dengan afinitas elektron adalah afinitas elektron bisa berharga positif atau negatif.

Dalam hal ini contohnya jika ada satu elektron yang ditambahkan kepada atom yang stabil lalu ada sejumlah energi yang diserap maka afinitas elektronnya akan berharga positif sedangkan jika dilepaskan energinya maka afinitas elektronnya akan berharga negatif.

Untuk lebih memahami pengertian dan definisi mengenai afinitas elektron terdapat dua definisi yang biasa digunakan untuk menjelaskan hal ini, yaitu definisi konvensional dan definisi modern. Berikut adalah penjelasan dari dua definisi tersebut :

Definisi Konvensional

Dalam penjelasan dari definisi konvensional, dikemukakan bahwa hampir semua atom netral memiliki kapasitas dalam menerima paling tidak satu elektron tambahan, lalu dikenal dengan sebutan afinitas elektron.

Berbeda dengan proses pengeluaran elektron dimana energi sangat penting keberadaanya, dalam proses ini umumnya justru penggunaan energi dibebaskan.

Jadi sesusai dengan definisi konvensional afinitas elektron adalah energi yang dibebaskan apabila tiap mol dari atom netral atau ion dalam keadaan gas menangkap elektron lalu membentuk ion negatif. Oleh karena itu proses yang terjadi berkebalikan dengan proses pelepasan elektron.

Definisi Modern

Berbeda dengan pengertian afinitas elektron yang dijelaskan secara konvensional, para ahli kimia saat ini menjelaskan bahwa afinitas elektron merupakan perubahan entalpi dimana terjadi pada penambahan elektron ke dalam tiap mol atom atau ion dalam keadaan gas.

Nilai dari afinitas elektron dalam beberapa unsur terdapat pada satu golongan dan satu periode yang tidak teratur. Sebagai contoh yaitu unsur-unsur yang berada pada golongan IIIA, IVA, dan VA.

Baca Juga :

Walaupun demikian, secara umum dalam suatu keperiodikan afinitas elektron dalam tabel periodek terdapat pada satu periode, dari kiri ke kanan, maka afinitas elektron akan semakin besar, sedangkan jika pada satu gologan, dari bawah ke atas, maka afinitas elektron akan semakin besar.

Jadi dari pengertian dan juga definisi yang sudah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa afinitas elektron meurpakan energi yang dilepaskan oleh atom dan berwujud gas saat sedang menangkap satu elektron yang membentuk ion negatif. Maka jika energi dilepas, harga dari afinitas elektron akan diberikan tanda minus.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *