Pengertian dan Definisi Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Artikel Menurut Para Ahli – Dalam menjelaskan apa dari pengertian dan definisi artikel, tentuknya akan banyak ditemukan arti-arti yang berbeda, tergantung dari siapa gagasan tersebut muncul.

Namun secara umum artikel adalah suatu karya tulis atau suatu karangan yang panjangnya tidak menentu.

Untitled

Artikel juga bisa didefinisikan sebagai karangan non fiksi. Artikel saat ini pengertiannya sudah semakin meluas, seperti masyarakat yang hampir semua menanggap sebuah tulisan yang terdapat di media cetak, baik itu di koran, majalah, tabloit, bulletin dan sebagainya merupakan sebuah artikel.

Padahal jika artikel dilihat dalam dunia jurnalistik, suatu artikel biasanya hanya memiliki satu pokok bahasan saja atau permasalahan yang hanya memiliki satu sudut pandang saja yaitu sebuah disiplin ilmu.

Jika disimpulkan dari beberapa paparan sebelumnya dapat diartikan bahwa pengertian artikel secara umum adalah suatu bentuk tulisan nonfiksi dimana didalamnya terdapat fakat juga data dan disertai oleh analisi dan opini dari penulisnya.

Untuk dapat memahami tentang pengertian dan definisi artikel, berikut akan dipaparkan beberapa pengertian dan definisi artikel menurut para ahli :

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) : Di dalam KBBI artikel dijelaskan sebagai karya tulis lengkap yang terdapat dalam majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.
  2. Ichtiar Baru : Pengertian artikel menurut Ichtiar Baru adalah suatu karangan prosa yang terdapat dalam media massa dimana terdapat pembahasan suatu pokok masalah yang dijelaskan secara lugas. Sehingga dalam suatu artikel hal yang paling penting adalah kebenaran dan juga aktual dari artikel tersebut, juga memiliki susunan artikel yang rapi dan hemat kata-kata.
  3. Essential English Dictionary : Di dalam Essential English Dictionary, artikel dijelaskan sebagai suatu tulisan lengkap yang ada pada surat kabar, majalah, dan lain sebagainya,
  4. Websters New World Dictionary : Artikel yang dijelaskan pada Webster’s New World Dictionary merupakan suatu tuisan nonfiksi yang singkay dan juga lengkap seperti sebuah berita karangan yang khas yang ada pada majalah dan surat kabar.
  5. Webters Collegiate Thesaurus : Pengertian artikel pada Webster’s Collegiate Thesaurus artikel dapat berbentuk suatu karangan, kritik, catatan, reportase, survey, pelajaran ataupun catatan.
  6. Longman Pitman Office Dictionary : Di dalam Longman Pitman Office Dictionary, artikel merupakan sebuah prosa nonfiksi dan memiliki bentuk yang biasa juga merupakan bagian bebas yang ada pada sebuah koran, majalah, dan lain-lain.
  7. Rillian E. Wolseley : Pengertian artikel yang disampaikan oleh Rillian E. Wolseley adalah suatu karangan tertulis yang memiliki panjang tak menentu dan memili tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta agar dapat meyakinkan, mendidik, juga menghibur para pembacanya.
  8. Andi Baso Mappatoto : Menurut Mappato, artikel adalah suatu karya tulis lengkap, karangan dengan tulisan yang tak menentu panjangnya, dan tulisan nonfiksi.

Baca Artikel Lainnya :

Sekian uraian mengenai Pengertian dan Definisi Artikel Menurut Para Ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *