Pengertian dan Definisi Asam Amino Esensial

Pengertian dan Definisi Asam Amino Esensial – Mungkin Anda sering sekali mendengar asam amino esensial, namun apakah arti dari asam amino yang satu ini? asam amino esensial ialah asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh entah manusia ataupun hewan. Segala jenis makhluk hidup memerlukan asam yang satu ini. Ia diperlukan oleh makhluk hidup dikarenakan berfungsi untuk menyusun protein atau di gunakan untuk kerangka molekul yang penting. Ia sering disebut esensial untuk spesies organisme jika spesies tersebut sangat memerlukannya namun organisme memiliki keterbatasan yakni tidak mampu untuk memproduksinya sendiri.

a

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentu saja spesies tersebut harus memasok dari luar tubuh, agar kebutuhannya dapat terpenuhi, yakni dengan melalui makanan. Perlu diketahui bila istilah dari asam amino esensial ini hanya berlaku untuk organisme heterotroph, karena seperti yang sudah di sampaikan asam ini didatangkan bukan dari dalam tubuh malainkan dari luar dikarenakan sel tubuh tidak mampu untuk mensintesisnya. Sebagian besar asam amino ini disintesis oleh sel-sel tumbuhan, oleh sebab itu untuk mensintesis senyawa ini sangat diperlukan senyawa yang bersifat anorganik seperti leusin, fenilalanin, treosin, triptofan, atau valin.

Jika untuk tubuh manusia, ia harus memiliki kurang lebih 8 asam amino esensial yang berguna untuk diet yang dilakukan sehari hari. Asam tersebut ialah leusina, isoleusina, lisiana, fenilalanina, metionina, triptofan, treonina, serta valina.jika Anda menemukan histidina serta arginina, mereka di sebut sebagai setengah esensial. Hal ini dikarenakan untuk tubuh manusia yang sudah dewasa, mereka juga mampu untuk memproduksinya sendiri. Asam amino yang lain seperti karnitina juga memiliki sifat setengah esensial, karena asam amino yang satu ini sering sekali dipergunakan sebagai kepentingan pengobatan.

Jika Anda telah mendengar esensial, lalu apa perbedaan dengan non-esensial? Perbedaannya ialah jika esensial ini tidak mampu untuk di sintesis tubuh, sedangkan untuk non-esensial ini mampu untuk di sintesis tubuh, selain hal tersebut perbedaannya juga ada pada esensial yang bisa diperoleh hanya pada makanan yang biasanya di konsumsi, namun untuk non-esensial tidak perlu mengonsumsi berbagai makanan, karena tubuh sudah mampu untuk menghasilkannya sendiri. Biasanya untuk yang esensial ini banyak di temukan pada produk hewani dan untuk non-esensial banyak tersedia dalam hewan ataupun tumbuhan.

Contoh dari asam amino non esensial ialah asparagine, alanine, asam glutamate, aspartate, prolin serta glutamin. Selain itu, ada pula semi esensial, asam amino yang satu ini sangat di perlukan untuk menghemat penggunaan dari asam amino esensial. Definisi dari asam amino semi esensial ialah asam yang mampu mencukupi proses pertumbuhan yang sedang dijalankan oleh orang dewasa. Sayangnya asam semi esensial ini kurang mampu untuk proses pertumbuhan yang sedang terjadi pada anak-anak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pengertian dan Definisi Asam Amino Esensial

  1. Pingback: Protista, Makhluk Mirip Jamur dan Mirip Tumbuhan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *