Pengertian dan Definisi Bahan Organik

Pengertian dan Definisi Bahan Organik – Semua dari kita tentu pernah mendengar kata organik, dalam berbagai aspek. Namun yang paling banyak didengar tentang organik pasti berkaitan dengan bahan pangan. Baik untuk jenis pangan olahan ataupun bahan mentah.

1

Memang dapat dikatakan bahan pangan organik saat ini menjadi primadona dikalangan masyarakat yang peduli akan kesehatan. Bagaimana tidak, di tengah maraknya bermacam-macam penyakit kronis yang cara penyembuhannya masih dalam riset, bahan organik seolah menjadi kabar baik. Yaitu sebagai salah satu cara menangkal penyakit kronis menjangkiti tubuh.

Sebelum membahas bagaimana bahan organik bisa menjadi salah satu cara menangkal beragam penyakit ini, perlu anda ketahui apa itu definisi organik. Menurut KBBI, organik sendiri dikategorikan menjadi dua:

  1. Organik adalah segala sesuatu yang berasal dari unsur makhluk hidup entah itu hewan atau tumbuhan dimana dampaknya pasti berhubungan juga dengan organisme hidup.
  2. Organik yang kedua menjadi istilah yang digunakan untuk menyebut pegawai atau bagian dari sebuah instansi khususnya instansi pemerintah, dimana yang dimaksud pegawai disini adalah pegawai tetap.

Berdasarkan dua pengertian diatas, maka jika berkaitan dengan kesehatan dan makanan maka pengertian yang pas adalah pengertian yang pertama. Yaitu bahan makanan yang cara pengolahan maupun bahannya semuanya berasal dari makhluk hidup tanpa ada campuran bahan kimia sama sekali. Akhirnya anda menemukan hubungannya bukan mengapa bahan organik bisa membantu kita untuk terhindar dari penyakit. Karena tanpa disadari sebenarnya, bahan kimia lah yang menjadi penyebab berbagai penyakit ini, khususnya adalah kanker yang saat ini menjadi musuh terbesar umat manusia di dunia.

Berkaitan dengan bahan makanan organik ini, sebenarnya konsepnya mulai diperkenalkan sekitar tahun 1940an untuk menjawab munculnya kerisauan para petani saat itu atas ketidakseimbangan ekologi. Karena dengan munculnya revolusi industri pada era sebelumnya, membuat segala aspek bermutasi ke arah teknologi.

Termasuk penggunaan bahan kimia secara besar-besaran seperti misalnya pupuk kimia, yang diklaim mampu menghasilkan produk pertanian dengan kualitas terbaik. Tapi bagaimana dengan sisa bahan kimia ini? pasti akan berpengaruh terhadap keseimbangan bakteri dalam tanah bukan?

Lalu bagaimana cara agar bahan makanan ini menjadi bahan organik? Berikut ini hal-hal yang sering dilakukan:

  • Untuk lahan pertanian, para petani benar-benar membiarkan tanah dan tumbuhan berproses secara alami. Seperti menggunakan cacing untuk menggemburkan tanah, menggunakan pupuk kandang atau kompos untuk menyuburkan tanaman, menggunakan ekstrak tumbuhan untuk menjadi pestisida alami, dan lainnya.
  • Selain lahan pertanian, bahan makanan organik juga bisa didapatkan dari hasil peternakan Cara mendapatkannya hasil peternakan organik sama dengan lahan pertanian. Yaitu tidak memberikan pakan yang mengandung bahan kimia. Sehingga biarkan saja ternak menggembala sendiri.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian dan definisi organik. Semoga dari informasi diatas anda tidak terjebak untuk memilih produk yang berlabel organik sebelum anda benar-benar mengerti prosesnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *