Pengertian dan Definisi Bangsa Menurut para Ahli

Berikut ini adalah pengertian dan definisi bangsa yang dikemukakan oleh para ahli :

f 16

  1. Menurut Hans Kohn : Pengertian bangsa yang dikemukakan oleh Hans Kohn adalah bangsa merupakan buah hasil dari tenaga hidup manusia dalam sejarah.
  2. Menurut Soekarno : Soekarno menjelaskan bahwa suatu bangsa selain memiliki ciri-ciri tertentu, sebuah bangsa harus juga ditandai dengan terdapatnya kesamaan akan rasa cinta tanah air.
  3. Menurut F.Ratzel : Ratzel menjelaskan bahwa sebuah bangsa dapat terbentuk dikarenakan adanya keinginan untuk bersatu. Keinginan atau hasrat tersebut ada dikarenakan persaan kesatuan diantara manusia dan lingkungan tempat dimana mereka tingga.
  4. Menurut Otto Bauer : Pengertian bangsa yang dijelaskan oleh Otto Bauer adalah sekelompok manusia yang memiliki kesamaan sifat ataupun karakter yang disebabkan oleh terdapatnya persamaan nasib.
  5. Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo : Bangsa yang dikemukakan oleh Ki Bagoes Hadikoesoemo merupakan bersatunya suatu kelompok orang dengan tempat dimana meraka berada ataupun persatuan antara seseorang dengan suatu wilayah.
  6. Menurut Ernest Renan : Renan menjelaskan bahwa bangsa terbentuk dikarenakan adanya suatu keinginan untuk dapat hidup bersama dengan suatu perasaan setia kawan yang agung. Lalu juga dalam pidato yang disampaikan oleh Ernest Renan pada 11 Maret 1982 di Universitas Sorbone, paris, berpendapat bahwa bangsa merupakan satu jiwa yang ada pada sekelompok manusia dan merasa dirinya bersatu yang disebabkan oleh adanya persamaan nasib dan penderitaan yang terjadi di masa lampau sehingga mereka memiliki kesamaan cita-cita di masa depan.
  7. Menurut Jalobsen dan Libman : Pengertian bangsa menurut Jalobsen dan Libman adalah suatu kesatuan budaya dan juga kesatuan politk (Culture Unity dan Political Unity)
  8. Menurut Rawink : Rawink menjelaskan bangsa sebagao sekumpulan manusia yang menyatu pada suatu wilayah tertentu dan memiliki keterikatan dengan wilayah tersebut yang memiliki batas teritori tertentu dan terletak pada geografis tertentu.
  9. Menurut Benedict Anderson : Pengertian bangsa menurut Anderson lebih mengacu terhadap pemahaman suatu masyarakat dimana mereka memiliki kesamaan akan sejarah dan juga pengalaman atas penjajahan yang dirasakan oleh mereka yang terjajah lalu membuat pengalaman tersebut menjadi suatu bentuk rasa solidaritas yang tinggi diantara kebersamaan mereka,
  10. Menurut Guibernau : Pengertian bangsa menurut Guibernau merupakan negara kebangsaan yang mempunyai unsur-unsur penting yang mengikat seperti, unsur psikologi, unsur ini menjelaskan bahwa bangsa merupakan sekelompok manusia yang mempunyai kesadaran bersama dalam membentu satu kesatuan untuk bermasyarakat yang dikarenakan oleh keinginan untuk hidup bersama.

Lalu unsur selanjutnya adalah unsur kebudayaan, unsur ini menjelaskan bahwa bangsa terbentuk karena mereka merasa menjadi satu bagian karena memiliki kebudayaan bersama. Unsur selanjutnya adalah unsur teritorial, dalam unsur ini menjelaskan bangsa memiliki suatu batas wilayah ataupun tanah air.

Baca Artikel Lainnya :

Berikutnya adalah unsur sejarah dan masa depan yang menjelaskan bahwa suatu bangsa merasa memiliki sejarah dan juga masa depan yang sama. Dan yang terakhir adalah unsur politik dimana sebuah bangsa merasa memiliki hak dalam menjalankan pemerintahannya sendiri.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian dan Definisi Bangsa Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *