Pengertian dan Definisi Bioremediasi  

Bioremeditasi ialah suatu proses penggunaan dari mikroorganisme dalam tujuan pengurangan polutan pada lingkungan. Bahwasannya, ketika proses ini sedang terjadi, mikroorganisme tersebut membentuk enzim yang nantinya akan berubah dari yang berbahaya menjadi baik-baik saja. Hal ini didukung adanya perubahan struktur molekul di dalamnya. Bilamana proses modifikasi struktur ini terjadi, bisa disebut sebagai Biotransformasi.

1

Sebenarnya, penerapan dari penggunaan mikroorganisme ini sudah dimulai sejak lalu sekitar tahun 1900-an. Dimana pada proses ini telah diterapkan di saluran air untuk mendapatkan sumber air yang aman, bersih serta bebas dari bakteri jahat yang tak terlihat secara kasat mata. Meskipun begitu, proses dari bioremediasi ini selalu berkembang dan terus meningkat. Apalagi pada beberapa industri yang membutuhkan bantuan polutan seperti:

  • Logam merkuri, kadmium, stronsium, petroleum hidrokarbon.
  • Senyawa organik CFC, pestisida, herbasida.

Dengan adanya dukungan dari ilmu pengetahuan yang telah lebih baik dari sebelumnya, mampu menjadikan polutan yang akan di degradasi oleh beberapa mikroorganisme. Dalam hal ini, tercantum sebuah identifikasi jenis mikroba yang berfungsi untuk menjadikan proses biomediasi menggunakan teknologi genetik jauh lebih baik dari sebelumnya. Penggunaan dari proses ini akan mengidentifikasi gen-gen tersebut melalui kode enzim.

Dalam beberapa kasus atas adanya proses bioremediasi ini, terdapat beberapa jenis dari proses ini, seperti:

  • Bioaugmentasi yaitu proses bioremediasi yang menggunakan suatu mikroorganisme untuk membantu dalam mensterilkan kontaminan yang tengah ditambahkan pada air atau pada tanah yang telah tercemar. Cara inipun seringkali digunakan untuk membersihkan pada suatu area. Akan tetapi, pada pelaksanaannya tak terlepas dari beberapa kendala seperti adanya kesulitan dalam mengontrol situasi dan kondisi pada wilayah yang tengah tercemar itu, agar nantinya mikroorganisme tersebut dapat berkembang dengan lebih baik lagi.
  • Biostimulasi adalah suatu bentuk dari nutrien dan oksigen, akan tetapi kedua komponen tersebut yang berbentuk gas ataupun cair bisa dituangkan ke dalam air ataupun pada permukaan tanah yang tercemar itu. Proses ini dapat menjadikan suatu pertumbuhan yang lebih baik serta bakteri dalam remediasi dapat beraktivitas dengan efektif.
  • Bioremediasi intrinsik merupakan suatu proses dari bioremediasi yang terjadi di dalam suatu permukaan air ataupun tanah secara natural. Sehingga, pada proses ini alami tanpa unsur tambahan yang lainnya.

Bahwasannya, pada proses ini, suatu mikroorganisme yang digunakan dapat bermanfaat baik bagi pencarian air yang steril serta area tanah yang terbebas dari unsur berbahaya. Dalam artian, pada bioremediasi ini termasuk proses yang disengaja untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik lagi. Karena, pada setiap area tanah ataupun air yang bisa digunakan bisa saja terhalang oleh komponen lain yang berbahaya. Untuk mencegah serta menghindari hal itu semua, diperlukanlah adanya proses bioremediasi ini, yang dibantu oleh unsur lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *