Pengertian dan Definisi Biosfer

Planet bumi telah menjadi tempat tinggal bagi ribuan mahkluk hidup selama lebih dari jutaan tahun lalu. Bahkan hingga kini, manusia, hewan, dan tumbuhan, bisa hidup maupun berkembang biak di dalam planet bumi.

a 4

Nah, berkaitan dengan planet bumi, maka muncul istilah biosfer. Jika Anda belum tahu, biosfer adalah istilah yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang geologis bernama Eduard Suess sekitar abad 17.

Secara umum, biosfer adalah suatu lapisan bumi di mana para mahkluk hidup bisa tinggal dan mampu bertahan hidup. Hal ini bisa mencakup lapisan lingkungan daratan dan perairan serta atmosfer yang menjaga kelestarian makhluk hidup.

Pengertian Biosfer

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, lapisan bumi yang bisa menjadi tempat tinggal dan hidup manusia, hewan serta tumbuhan bisa dikategorikan sebagai biosfer.

Biosfer terbentuk dari dua kata yaitu Bio dan Sphere. Bio berarti hidup, sedangkan Sphere artinya lapisan. Jadi, pengertian biosfer adalah lapisan kehidupan yang membuat setiap makhluk di planet bumi bisa berkembang biak dan melestarikan kehidupan.

Definisi Biosfer

Ada beberapa ilmuwan yang mengartikan biosfer dalam hipotesa berbeda. Di antara para ilmuwan tersebut antara lain:

  • Vladimir vernadsky: Biosfer adalah lapisan bumi yang membuat makhluk hidup bisa berinteraksi dengan lingkungannya.
  • James Lovelock: Sesuai dengan hipotesa Gaia, biosfer adalah organisme hidup.
  • John Wiley: Biosfer adalah suatu tempat di planet bumi yang memungkinkan terjadinya sebuah kehidupan secara alamiah.
  • Geofisikologi: sistem ekologi yang mencakup hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan termasuk lapisan bebatuan litosfer, perairan hidrosfer, dan udara atmosfer di planet bumi.

Menurut penelitian, penyusun biosfer terdiri dari unsur-unsur lapisan bumi seperti air (hidrosfer), batuan (litosfer), dan udara (atmosfer). Biosfer sendiri membentang ke seluruh planet bumi membentuk semacam lapisan kira-kira 8 km di atas permukaan lapisan biosfer dengan atmosfer. Dan berjarak sekitar 9 km pada arah kedalaman perairan dengan lapisan biosfer.

Dengan kata lain, terdapat makhluk hidup pada jarak 9000 meter di bawah lapisan tanah dan jarak 8000 meter di atas lapisan tanah biosfer. Sementara hingga hari ini, para peneliti masih percaya hanya pada jarak tersebut organisme atau makhluk bisa hidup di planet bumi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *