Pengertian dan Definisi dari Hukuman/Sanksi

 Hukuman atau sanksi merupakan sesuatu yang didapaatkan oleh seseorang akibat dari suaru perbuatan ataupun reaksi yang didaptkan dari pihak lain atas suatu perilaku tertentu. Dalam suatu perbuatan yang penting dimata hukum ada suatu reaksi dari pihak pemerintahan yang memiliki tugas dalam mempertahankan tata tertib warga negaranya.

a 5

Selain itu hukuman atau sanksi juga dapat dijelaskan sebagai sebuah prilaku tertentu yang mempunyai sifat tidak baik atau dapat menimbulkan suatu penderitaan, dimana hukuman atau sanksi tersebut diberikan kepada pihak yang melakukan prilaku penyimpangan tersebut. Hukuman atau sanksi yang diberikan sudah seharusnya sebanding dengan perilaku yang menyimpang oleh pihak yang melakukan.

Suatu pemberian hukuman atau sanksi tidak bisa dilakukan oleh semua orang dimana ada orang-orang tertentu yang dapat melakukannya. Orang yang dimaksud dalam hal ini adalah tergantung kepada suatu konteks persoalannya.

Sebagai contoh dalam konteks sosial dimana pihak yang berhak ataupun berwenang dalam memberikan suatu hukuman atau sanksi adalah pihak pengadilan, ataupun contoh lain adalah dalam konteks keluarga dimana orang tua yang mempunyai wewenang atau hak dalam memberikan hukuman atau sanksi kepada anggota keluarganya,

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa hukuman atau sanksi tidak boleh diberikan secara sembarang atau sesukanya. Pada prinsipnya hukuman ataupun sanksi harus diberikan sesuai dengan kesalahan yang terjadi. Sebuah lembaga peradilan biasanya sudah mengatur mekanisme pemberian hukuman yang sesuai dengan bentuk kesalahannya.

Dan fungsi dari hukuman atau sankis tersebut diatantarnya adalah untuk menyadarkan pelaku yang melakukan perilaku menyimpang dengan tujuan agar pelaku yang melakukan kesalahan tersebut tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

Lalu fungsi yang kedua adalah untuk dapat memberi contoh kepada pihak lain yang sebenarnya tidak melakukan perilaku menyimpang, hal ini dilakukan agar mereka tahu bahwa jika mereka melakukan suatu perilaku yang menyimpang mereka akan mendapatkan hukuman atau sanksi tersebut.

Suatu bentuk perilaku penyimpangan sendiripun bergarama, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat banyak konteks dalam suatu hukuman atau sanksi, maka akan dijelaskan lebih lanjut akan hal tersebut.

Jika dalam kehidupan sosial ataupun bernegara biasanya yang bertindak terhadap suatu perilaku penyimpangan adalah pemerintah. Dimana ada suatu hukum yang sudah diatur beserta dengan hukuman dan sanksinya yang mengatur cara berprilaku warga negaranya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *