Pengertian dan Definisi Dasar Negara

Pengertian dan definisi dasar negara secara umum adalah pandagan dan sikap hidup ataupun sesuatu yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya juga kesalahannya. Dasar negara adalah suatu filsafat negara (political philosophy) yang memiliki kedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum.

f 17

Dasar negara adalah suatu landasan dalam kehidupan juga keberlangsangun suatu negara dimana dasar negara memiliki peran untuk mengatur tentang penyelenggaraan suatu negara.

Negara yang tidak mempunyai suatu dasar negara merupakan negara yang dalam penyelenggaraan keberlangsungan hidup negaranya tidak mempunyai suatu pedoman dalam arti bahwa negara tersebut tidak mempunyai arah, tujuan, ataupun cita-cita yang jelas, karena sebuah dasar negara meliputui suatu arah, tujuan, dan juga norma negara tersebut dan dasar negara juga merupakan alat untuk mencapai cita-cita suatu negara.

Satu negara dengan negara lain tentu memiliki dasar negara yang berbeda. Terdapat beragam dasar negara yang ada di dunia ini. Keragaman suatu negara biasanya muncul karena pengaruh nilai-nilai sosial juga budaya pada suatu negara. Namun, terdapat persamaan pandangan tentang definisi ataupun arti dari dasar negara pada beberapa negara.

Istilah dasar negara dalam Bahasa Indonesia memiliki makna yang sama dengan dasar negara dalam Bahasa Jerman, Weltanschauung yang memiliki arti pandangan mendasar mengenai dunia.

Selain itu, kedua istilah dasar negara dari dua negara yang berbeda tersebut juga dapat disamakan dengan istilah dari bahasa Belanda yaitu Philosophiesche Grondslag yang mempunyai arti suatu dasar yang bersifat filsafat.

Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dasar negara adalah suatu teori ataupun ajaran yang merupakan hasil dari buah pemikiran mengenai dunia dan kehidupan dunia.

Secara umum, dasar negara digunakan oleh negara atau bangsa karena memiliki fungsi yang penting, berikut adalah fungsi dari dasar negara :

  • Sebagai dasar berdiri dan tegaknya kedaulatan negara : Pemikiran yang dilakukan secara mendalam tentang dasar negara pasti akan timbul ketika suatu bangsa ingin mendirikan sebuah negara. Sehingga dalam hal ini dasar negara memiliki fungsi seagai dasar berdirinya suatu negara. Setelah sebuah negara akhirnya berdiri maka dasar negara digunakan sebagai landasan untuk keberlangsungan hidup berkenegaraan,
  • Sebagai dasar penyelenggaraan negara : Sebuah negara berdiri tentunya untuk dapat mewujudkan tujuan ataupun cita-cita nasional suatu bangsa yang berada di bawah pimpinan penyelenggara negara. Oleh karena itu, setiap para penyelenggara negara tadi dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional bangsanya maka mereka harus mampu untuk mendasarkan semua kegiatan pemerintahan yang berlandasakan pada dasar negara.

Baca Artikel Lainnya :

  • Sebagai dasar partisipasi warga negara : Sebagai warga negara dalam suatu negara, mereka tentu memiliki hak dan juga kewajiban yang sama dalam hal mempertahankan negaranya dan turut serta secara aktif dalam upaya untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional bangsanya. Dalam hal ini dasar negara berungsi sebagai pedoman bagi para warga negaranya untuk menggunakan hak dan menjalankan kewajiban yang mereka miliki.

Sekian uraian mengenai Pengertian dan Definisi Dasar Negara, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *