Pengertian dan Definisi Database Pada Cpanel

Jika diuraikan database merupakan penggalan dari dua kata yaitu data dan base. Pengertian dari data sendiri adalah sebuah fakta yang didalamnya mengandung sebuah arti yang bisa berupa sebuah teks, gambar, ataupun simbol. Sedangkan pengertian dari base adalah sebuah tempat ataupun ruang untuk berkumpul.

f 74

Bergerak dari pengertian kedua penggalan kata tersebut, database dapat diartikan sebagai sebuah sebuah kumpulan data yang ada dalam suatu tempat tertentu, dimana data tersebut saling berhubungan dan tersusun secara logis menurut aturan tertentu sehingga menghasilkans sebuah informasi. Dengan kata lain database juga bisa diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan secara bersamaan.

Sebuah data memang perlu untuk diorganisasikan di dalam database sehingga menghasilkan sebuah informasi yang berkualitas dalam penyimpanan data. Pengorganisasian data seperti ini disebut dengan Database Management System (DBMS).

Database Managament System sendiri merupakan sebuah software yang mempunyai fungsi dalam pengelolaan database. Proses dalam menggunaan Database Managament System sendiri adalah dari proses awal membuat database, sampai dapat melakukan proses seperti, edit, entry, delete, query terhadap data, sampai membuat laporan secara efektif dan efisien.

Jika dikaitkan dengan cPanel, database sendiri dapat dibuat dan diupload dalam cPanel. cPanel sendiri merupakan sebuah web hosting yang memberikan tampilan grafis dan beberapa program yang dibuat untuk dapat memudahkan proses hosting dalam sebuah website. Dan salah satu fasilitas hosting dari cPanel adalah untuk membuat dan mengupload sebuah database.

Demikian uraian mengenai Pengertian dan Definisi Database Pada cPanel, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *