Pengertian dan Definisi Degradasi Lahan

Degradasi adalah suatu proses yang terjadi pada lingkungan atas akibat yang ditimbulkan oleh aktifitas manusia Pada umumnya, langkah ini seringkali terjadi pada suatu lahan yang rusak. Akan tetapi, kerusakan pada suatu lahan ini tidak disebabkan oleh bencana alam. Bilamana pada bencana alam itu ialah banjir, kebakaran hutan serta longsor ialah suatu akibat dari tindakan para manusia yang dilakukan secara tidak langsung.

1

Pada pengertian lain, degradasi lahan ialah suatu keadaan pada lingkungan pertanian. Bahkan, hampir di setiap lahan yang digunakan untuk proses pertanian mengalami peristiwa degradasi lahan ini. Atas apa yang terjadi pada degradasi lahan ini, sebenarnya dapat dipengaruhi adanya beberapa hal seperti:

  • Menipis hingga hilangnya kadar nutrisi yang terdapat pada area tanah secara permanen, bisa pula akibat dari proses pengolahan lahan pertanian yang kurang baik.
  • Proses irigasi yang kurang seimbang atau terjadi penggunaan air tanah secara over.
  • Adanya pertambangan di lokasi atau di sekitar area.
  • Terjadi tindakan penebangan secara liar serta terdapat deforestasi.
  • Terdapat hewan gembala dalam jumlah yang besar.
  • Tanah yang sudah terkontaminasi adanya unsur-unsur kimia.
  • Tindakan pembuangan sampah berupa non biodegradable secara liar.
  • Pengaruh pertanian monokultur.

Atas adanya beberapa penyebab itupun, menjadikan jenis-jenis degradasi lahan. Lebih tepatnya seperti pengaruh dari untuk angin, erosi angin dan sebagainya. Sehingga, terjadilah beberapa macam degradasi lahan, seperti sebagai berikut:

  • Degradasi lahan akibat dari efek radiaktif abtropogenik. Jenis yang satu ini pada umumnya tidak disengaja.
  • Degradasi lahan pencemaran yang terjadi atas pengaruh dari aktifitas industri, proses pertanian yang kurang seimbang serta beberapa tindakan dari resiko komersial.
  • Degradasi lahan yang terjadi atas pengaruh penggunaan senjata.
  • Degradasi lahan yang menghilang akibat pembangunan beberapa lokasi liar yang dilakukan oleh para manusia.

Adanya peristiwa degradasi lahan ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama yang telah ada di beberapa titik. Sehingga, pada lahan tersebut tidak dapat menjadikan kondisi tanah yang baik, begitu pula bagi pertumbuhan atas tanaman dan tumbuhan yang ditanamkan di area tersebut. Teruntuk itu, sangat diperlukan penjagaan tanah dengan seimbang. Karena bagaimanapun juga, dampak buruk tersebut akan memberikan pengaruh yang lebih buruk untuk semua.

Terjadinya degradasi lahan yang lebih dipengaruhi oleh tindakan manusia ini, sebenarnya dapat dicegah guna mengurangi kerusakan. Bila perlu, dilakukan beberapa perawatan serta penjagaan lahan pertanian dengan baik. Seperti pada pengurangan zat kimia pada area tersebut. Terlebih lagi, bila lahan itu termasuk untuk komponen pertanian yang pokok. Maka, akan jauh lebih baik bila tidak menggunakan zat kimia terlalu berlebih. Sekalipun pada penggunaannya itu untuk tanaman, akan tetapi secara tak langsung juga berefek buruk bagi tanah sekitar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *