Pengertian dan Definisi E-Commerce Beserta Contohnya

Keberadaan internet di tengah-tengah kita semakin memudahkan kita dalam melakukan segala aktivitas, tidak terkecual aktivitas belanja. Jadi saat ini bukan sesuat yang asing lagi bagi kita mendengar kata – kata E-commerce. Namun apa sebenarnya e-commerce itu, pada artikel ini akan di jelaskan secara singkat mengenai e-commerce.

f 76

E-commerce adalah website yang menyediakan atau transaksi yang dilakukan secara online berkaitan dengan jual beli yang memanfaatkan fasilitas internet. Jadi dalam website e-commerce menyediakan layanan get and deliver.

Dengan keberadaan e-commerce ini akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya operasional untuk kegiatan perdagangan.

Adapun pengertian secara sempit dari e-commerce yang menjelaskan bahwa e-commerce merupakan sub-perangkat dari E-bisnis. E-bisnis sendiri sebenarnya adalah area bisnis yang terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien melalu e-mail namun pemasaran atau penjualan di lakukan di internet. Dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, fleksibilitas, dan juga efisiensi.

Secara umum pengunjung dari website e-commerce dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan komunikasi antara pihak penjual atau pemilik website e-commerce tersebut.

Cara pembnayaran pun dilakukan melalui transfer uang secara digital baik dengan menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, maupun menggunakan paypal. Bahkan sekarang ada beberapa website e-commerce yang menydiakan layanan cash on delivery dimana pembeli akan membayar secara cash ketika barang sampai.

Contoh E-Commerce

Seluruh kegiatan jual-beli yang menggunakan internet sebagai media penghubungnya merupakan kegiatan e-commerce. Untuk website e-commerce yang besar, anda bisa melihat pada semakin besarnya toko online seperti Bhinneka, Lazada, Olx, Berniaga, Tokopedia, Kaskus FJB, dan masih banyak lagi.

Saat ini juga semakin banyak orang yang menggunakan Facebook dan Twitter untuk mempromosikan produk mereka, dan hasilnya puncukup efektif menaikan tingkat penjualan. Kegiatan e-commerce tidak hanya berupa transaksi jual beli di toko online, tetapi juga semua transaksi keuangan di bank yang memanfaatkan internet sebagai media transaksinya.

Demikian pengertian e-commerce dan contohnya, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *