Pengertian dan Definisi Ekosistem

Ekosistem merupakan sebuah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan disekitarnya. Sebuah hubungan timbal balik ini akan terjadi jika adanya 2 komponen penting yaitu :

Komponen Biotik

pers

Komponen Biotik adalah salah satu komponen ekosistem yang berupa makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan), yaitu produsen (organisme autotorf yaitu makhluk hidup yang menghasilkan makanan sendiri.

Seperti tumbuhan hijau yang mampu melakukan proses fotosintesis), konsumen (organisme heterotroft yaitu organisme yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri melainkan makan dari para produsen (tumbuhan hijau ) seperti manusia dan hewan ) dan dekomposer (makhluk hidup lain yang mampu menguraikan zat organik dari makhluk hidup yang telah mati, seperti jamur, bakteri dan mikroba).

Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah salah satu komponen ekosistem yang berupa makhluk tak hidup seperti air, cahaya matahari, suhu, tanah oksigen dan sebgainya.

Ekosistem bisa saja terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia, seperti danau, telaga dan laut dan buatan yang terjadi karena adanya campur tangan manusia, seperti sawah, kebun dan kebun binatang.

Dalam proses ekosistem antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain terjadi hubungan timbal balik,  oleh karena itu, jika hubungan itu terputus maka rantai makanan akan rusak.

Rantai makanan adalah peristiwa makan dimakan antara makhluk hidup, mulai dari produsen hingga dekomposer (pengurai) sehigga membuat makhluk hidup saling ketergantungan atau disebut dengan simbiosis. Simbiosis makhuk hidup dibagi jadi 3 , yaitu :

  1. Simbiosis mutualisme (hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, seperti burung jalak dan kerbau)
  2. Simbiosis komensalisme (hubungan timbal balik yang satu untung yang satu tidak untung atau rugi, seperti anggrek dan pohon mangga)
  3. Simbiosis parasitisme (hubungan timbal balik yang satu untung yang satu ruugi, seperti benalu dan pohon mangga.

Keseimbangan ekosistem dipengaruhi oleh peristiwa alam (misalkan : gunung meletus, tanah longsor maupun gempa bumi) dan kegiatan manusia (misalkan penebangan dan pembakaran hutan).

Baca Artikel Lainnya :

Oleh sebab itu sebuah ekosistem wajib dijaga, karena jika sedikit saja ekosistem di rusak akan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup lain.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *