Pengertian dan Definisi Fosil

Pengertian dan Definisi Fosil – Fosil sendiri ialah sisa organisme yang dulunya hidup di bumi di beberapa waktu lalu, dikarenakan telah terawetkan bahkan sejak 3,5 miliar tahun yang lalu, fosil ini menjadi sebuah petunjuk penting tentang sejarah bumi.

1

Berbagai pertanyaan tentang asal dari kehidupan memang selalu memusingkan para ilmuan. Bahkan hampir berbagai kebudayaan memiliki cerita yang berbeda tentang penciptaan kehidupan yang berada di bumi.

Dalam cerita yang berkembang, umumnya manusia ialah sebuah proses akhir dari penciptaan. Bahkan ada pula yang mengemukakan bila penciptaan sebenarnya tidak lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Selama abad 19, banyak ahli geologi yang telah tersadar jika bumi hingga sekarang masih saja mengalami serangkaian proses untuk perubahan dengan waktu yang berangsur, serta menjadi sebuah penyebab timbul serta runtuhnya pegunungan.

Ahli geologi pun pada waktu tersebut menghitung usia bumi tidak kurang 20 juta tahun, dan sekarang ahli bisa menghitung umur dari batuan yang secara lebih teliti dengan mengukur berbagai kandungan radioaktif yang berasal dari dalamnya. Hal ini juga bisa dipergunakan untuk menentukan umur dari baru hingga 50 ribu tahun. Unsur yang lain bisa menentukan umur batu yang lebih tua.

Penelitian fosil dengan cara yang saksama akan menunjukkan jika bentuk kehidupan memang serupa pada waktu yang bersamaan di penjuru bumi. Maka fosil pun bisa manfaatkan sebagai penentu umur batuan.

Jenis fosil yang berada di dalam batuan pun sering berubah, seiring dengan jalannya waktu, perubahan ini menunjukkan urutan dari evolusi kehidupan yang berada di bumi, ada pula perubahan yang berasal sangat cepat hingga kelompok spesies hewan lenyap dan menghapus jejak suatu masa.

Hanya sedikit saja spesies yang akan melanjutkan keturunan serta tanpa adanya perubahan yang begitu mencolok dalam waktu jutaan tahun. Hal ini pun terkadang juga menjadi penganekaragaman berbagai makhluk hidup yang menyebar di permukaan bumi, serta terciptalah berbagai sepsies baru yang dulunya belum pernah ada, perubahan ini nanti yang menjadi penanda sebuah batas di antara masa geologis.

Fosil memang begitu penting. Seperti sebuah fosil kuda yang digambarkan dengan fragmen tulang, dengan menunjukkan tonggak evolusi yang berada di dalam proses ini. sampai sekarang fosil sendiri merupakan sumber yang utama dari bukti evolusi.

Dengan mempelajari fosil, sekarang Anda akan tahu jika organisme saat ini berbeda begitu jauh dengan yang hidup ketika masa lalu. Para ilmuan pun juga menunjukkan jika organisme yang tersebar berbeda di berbagai planet.

Ada banyak sekali lapisan batuan yang berada di permukaan bumi. Lapisan ini terbentuk di lapisan yang jauh lebih tua. Karena hal tersebut, Anda bisa memberitahu sebenarnya umur fosil dengan cara mengamati berada di mana lapisan batuan ini di temukan. Fosil serta urutan fosil muncul di sebut juga catatan fosil. Catatan ini akan memberikan bukti saat ada organisme yang hidup di bumi. Bagaimana pula spesies berevolusi.

Penanggalan radiometrik yang telah di gunakan untuk menentukan jika batuan tua di bumi memiliki usia 4 hingga 5 miliar tahun. Fosil yang tertua di antara 3 hingga 4 miliar tahun. Selama masa darwin orang juga percaya jika bumi saat itu berusia kurang lebih 6000 tahun. Catatan fosil juga membuktikan jika bumi benar-benar sangat tua. Bahkan amat jauh lebih tua jika di banding dengan orang lain pikirkan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *