Pengertian dan Definisi Hukum Tata Negara Menurut Ahli

Hukum tata negara atau yang juga dikenal dengan hukum konstitusi adalah hukum yang mengatur tentang permasalahan yang terdapat dalam sebuah negara. Walaupun terdapat beberapa ilmu yang yang menjelaskan mengenai aturan di dalam suatu negara, namun keberadaan sebuah hukum tata negara merupakan suatu hal yang cukup penting.

f 36

Berikut akan disampaikan Pengertian dan Definisi Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli :

  • Logemann : Hukum Tata Negara menurut Logemann adalah hukum yang mengatur organisasi masyarakat dalam suatu negara. Logenmann juga menjelaskan pentingnya keberadaan organisasi karena sebuah organisasi biasanya memiliki tujuan untuk mengatur kekuasaan dan juga masyarakat.
  • Kusumadi Pudjosewojo, S.H. : Melalui bukunya yang berjudul Hukum Pedoman Perencanaan Indonesia, Prof. Kusumadi Pudjosewojo, S.H. menjelaskan bahwa Hukum Tata Negara adalah suatu hukum yang mengatur negara baik sebuah negara kesatuan atau federal ataupun negara dengan bentuk pemerintahan republik atau monarki yang menunjukan adanya pemimpin sebuah komunitas hukum dengan beberapa tingkatannya yang kemudian menjelaskan tentang wilayah lingkungan dan masyrakatnya yang pada akhirnya menunjukan hukum itu sendiri.
  • Vollenhoven : Menurut Vollenhoven, Hukum Tata Negara menjelaskan tentang pemimpin juga bahwahan masyarakat hukum dengan hubungan masyarakat hukum yang berdasarkan hierarki dan juga hak dan kewajiban masing-masing, lalu juga menjelaskan tentang masing-masing wilayah yang menunjukan sebuah negara dalam keadaan statis.
  • Wade dan Phillips : Melalui buku mereka yang berjudul Hukum Konstitusi pada tahun 1936, menyatakan bahwa Hukum Konstitusi merupakan hukum yang mengatur tugas negara dan hubungan antara negara lampiran.
  • V. Dicey : Pengertian Hukum Tata Negara menurut A.V. Dicey adalah hukum tertinggi yang ada pada suatu negara. Hal ini dikarenakan sebuah Hukum Tata Negara mengatur tentang pembagian kekuasaan serta tugas yang harus dijalani masing-masing orang dalam rangka untuk memajukan sebuah negara.
  • Van der Pot : Menurut Van der Pot, Hukum Tata Negara merupakan hal yang mengatur hubungan antara badan organisasi dengan badan organisasi lainnya yang disertai dengan hubungan dan wewenang antara masing-masing individu.
  • Scholten : Scholten menjelaskan bahwa Hukum Tata Negara merupakan sebuah hukum yang mengatur hak, kewajiban, dan hubungan yang dimiliki oleh masing-masing individu dalam sebuah organisasi, selain itu Hukum Tatta Negara juga mengatur hubungan antara satu organisasi dengan organisasi lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Maurice Duverger : Hukum Tata Negara menurut Maurice Duverger merupakan salah satu cabang dari hukum privat yang menjelaskan tentang hubungan antara satu organisasi dengan organisasi lainnya.
  • R Stellinga : Pengertian Hukum Tata Negara menurut J.R Stellinga adalah suatu hukum yang mengatur tentang wewenang juga kewajiban alat-alat perlengkapan negara juga mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *