Pengertian dan Definisi Ideologi Menurut para Ahli

Pengertian dan Definisi Ideologi Menurut para Ahli – Secara umum ideologi dapat dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan dari ide, pandangan, gagasan ataupun cita-cita yang dapat berbentuk asas, tujuan, pendapat, ataupun sebagai petunjuk dalam berkehidupan.

Isitilah ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destutt de Tracy pada aba ke-18 dalam mendefinisikan “ilmu tentang ide”.

Untitled

Ideologi yang jika diartikan secara erimologis berasal dari bahasa Yunani ini mempunyai arti yang serupa sesuai dengan yang dikemukakan Destutt de Tracy  dimana ”ide” berasal dari kata idea dan “ilmu” berasal dari kata logos.

Agar lebih dapat memahami mengenai pengertian dan definisi ideologi, berikut akan dipaparkan beberapa pengertian dan definisi ideologi yang dikemukakan oleh para ahli :

  1. Gunawan Setiardjo : Menurut Gunawan, Ideologi merupakan kumpulan ide, aikdah, dan juga gagasan yang kemudian menciptakan aturan-aturan bagi kehidupan.
  2. Nicollo Machiavelli : Ideologi menerut Machiavelli adalah suatu pengetahuan yang menjelaskan bagaimana cara untuk menyembunyikan kepentingan, mendaptkan dan mempertahankan kekuasaan dengan menggunakan konsep keagamaan juga tipu daya,
  3. Karl Marx : Pendapat yang dikemukakan oleh Karl Marx mengenai ideologi yaitu, ideologi merupakan kesadaran palsu, dikatakan demikian karena menurut ia ideologi adalah suatu hasil pemikirin yang tercipta akibat dari suatu kepentingan yang ingin didapatkan oleh pemikirnya.
  4. Ali Syariati : Menurut Syariati, ideologi merupakan keyakinan dan juga gagasan dimana hal tersebut ditaati oleh suatu kelompik, suatu bangsa, suatu ras tertentu dan juga suatu kelas sosial.
  5. Alfian : Menurut Dr. Alfian, ideologi merupakan pandangan maupun sistem nilai yang menjelaskan mengenai bagaiaman cara yang yang sebaiknya, dalam hal mengatur perilaku seseorang ataupun kelompok untuk berbagai bidang kehidupan.
  6. Frans Magnis Suseno : Idelogi menurut Frans Magnis Suseno adalah keseluruhan dalam sistem berpikir dan juga sikap dasar rohaniah yang terdapat pada seseorang ataupun dalam suatu kelompok sosial,
  7. Manferd Steger dan Paul James : Manfred Steger dan Paul James membagi ideologi menjadi dua pengertian, pertama, ideologi merupakan sekelompok ide dan konsep yang mempunyai pola dan merupakan representasi dari suatu kekuatan politk yang ada. Lalu yang kedua, ideologi diartikan sebagai suatu peta konsep yang digunakan untuk membantu masyarakat sebagai petunjuk dari kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.
  8. Decartes : Secara singkat Decartes menjelaskan bahwa Ideologi merupakan inti dari semua pikiran manusia.
  9. Napoleon : Napoleon menjelaskan bahwa ideologi adalah keselurhan pemikiran para pelaku politik beserta dengan rival-rivalnya,
  10. Louis Althuser : Althuser yang merupakan murid dari Karl Marx ini memiliki pemahaman berbeda dengan gurunya mengenai Ideologi, menurut Althuser Ideologi adalah suatu gagasan spekulatif tapi bukan merupakan suatu gagasan palsu, hal ini disebabkan karena ideolgi bukan dimaksudkan untuk menggambarkan sebuah realitas, tetapi digunakan untuk memberi gambaran tentang bagiamana semestinya manusia mampu untuk menjalankan hidupnya.

Baca Artikel Lainnya :

Demikiran uraian mengenai Pengertian dan Definisi Ideologi Menurut para Ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *