Pengertian dan Definisi Infertilitas

Pernah mendengar istilah Infertilitas? Infertilitas bisa dikatakan sebagai salah satu gangguan yang menyebabkan sepasang suami istri tidak juga memiliki keturunan walaupun sudah memasuki lebih dari satu tahun usia pernikahan.

Atau dalam kata lain, Infertilitas adalah masalah kesuburan atau orang awam biasanya menyebutnya sebagai kemandulan.

s 148

Infertilitas atau biasa disebut dengan nama Infertil biasanya terjadi karena sebuah gangguan yang terjadi pada pria, wanita, atau keduanya. Sehingga karena gangguan tersebut, kehamilan yang direncanakan tidak juga terjadi walaupun sudah berhubungan intim secara teratur dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Menurut data, infertilitas biasanya  terjadi sebesar 40% dari pihak pria, 40% dari pihak wanita, atau juga 30% dari kedua belah pihak.

Walaupun tidak diinginkan, infertilitas bisa mengenai siapa saja baik itu pria ataupun wanita. Namun karena pendapat awam yang menyatakan bahwa Infertilitas biasanya terjadi karena kelalaian dari pihak wanita dan dianggap sebagai sebuah musibah, infertilitas yang bisa juga terjadi dari pihak pria pun jarang dibahas.

Secara umum, terdapat dua jenis infertilitas yang dikenal didalam dunia medis. Yaitu infertilitas Primer dan juga infertilitas Sekunder. Kedua jenis infertilitas ini biasa terjadi pada wanita.

karena Infertilitas primer biasanya terjadi kepada wanita yang belum pernah hamil sebelumnya, sedangkan infertilitas sekunder adalah infertilitas yang biasanya terjadi kepada wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya.

Umumnya, kasus yang ditemukan lebih banyak ke infertilitas primer dibandingkan infertilitas sekunder. Namun, selain dari pihak wanita, infertilitas juga kadang terjadi dari pihak pria.

Secara umum, pola hidup adalah faktor utama dari infertilitas. Karena dari permasalahan pola hidup inilah kemudian muncul permasalahan- permasalahan lain yang akhirnya menyebabkan infertilitas. Seperti kebiasaan merokok ataupun pengaruh dari obat- obatan yang di konsumsi.

Bagi pria, permasalahan infertilitas biasanya terjadi karena kualitas sperma yang tidak bagus seperti bentuk ataupun gerakan dari sperma tersebut yang tidak normal sehingga sperma tidak bisa mencapai sel telur.

Biasanya permasalahan sperma ini terjadi karena kebiasaan pria tersebut yang sering melakukan ejakulasi, memakai celana dalam yang ketat, konsumsi alkohol, serta tentu saja rokok.

Selain faktor sperma, infertilitas pada pria biasanya juga terjadi karena ada permasalahan pada testis. Seperti adanya kelainan hormon dari kelenjar Pituitari yang mengakibatkan testis mengalami gangguan dalam memproduksi sperma atau bahkan testis menjadi tidak memproduksi sperma sama sekali.

Selain hormon, testis juga biasanya mengalami Sindroma Klinefelter yang merupakan kelainan ginetik dan menjadikan seorang pria memiliki dua buah kromosom Y dan menjadikan testis mengalami gangguan dalam memproduksi sperma.

Aliran darah pada tubuh juga memegang peran yang sangat penting untuk menentukan seorang pria bisa mengalami infertilitas atau tidak. Karena jika aliran darah tidak berjalan dengan normal ke penis, maka penis tidak akan bisa berdiri serta berejakulasi atau biasa disebut dengan impotensi.

Atau jika pembuluh darah vena pada buah zakar membesar, seorang pria juga dapat mengalami Varikokel. Walaupun penyebab infertilitas pada pria diatas adalah penyebab yang biasanya terjadi pada pria dewasa.

Ternyata juga ada penyebab infertilitas yang terjadi sebagai bawaan dari lahir sehingga seluran sperma menjadi terhambat atau bisa juga karena terdapatnya bakteri yang menyumbat aliran sperma.

Beberapa faktor infertilitas pada pria ternyata dapat juga dialami oleh wanita. Seperti infertilitas yang disebabkan karena perbedaan hormon atau pengaruh dari obat- obatan, rokok, atau alkohol.

Namun tidak hanya itu, ternyata pengaruh infertilitas pada wanita jauh lebih beragam penyebabnya. Seperti misalnya gangguan pada rahim karena ada pertumbuhan jaringan implant yang tidak normal dan tumbuh diluar rahim atau uterus sedangkan normalnya jaringan tersebut tumbuh didalam rahim.

Gangguan pada jaringan implan bukanlah satu- satunya hal yang menyebabkan seorang wanita mengalami infertilitas. Karena infertilitas bisa juga terjadi karena adanya tumor atau kanker pada rahim baik yang bersifat jinak ataupun ganas.

Selain itu, hormon yang tidak seimbang juga memiliki pengaruh yang besar bagi seorang wanita untuk mengalami infertilitas. Seperti kelebihan Prolaktin yang merupakan hormon yang bertugas untuk merangsang produksi ASI.

Wanita yang merokok ternyata selain menyebabkan Infertilitas ternyata juga dapat menyebabkan seorang wanita mengalami Monopause dini atau prematur.

Hal ini biasanya terjadi pada saat wanita berhenti menstruasi dan kemudian ovarium wanita tersebut mengalami penyusutan sebelum menginjak usia 40 tahun. Walaupun hal ini juga terjadi karena kelainan imunitas, kemoterapi dan juga radiologi, merokok merupakan faktor yang paling utama bisa menyebabkan hal ini.

Terkadang, masyarakat masih menganggap bahwa infertilitas adalah hal yang sangat memalukan dan tidak seharusnya terjadi.

Namun Infertilitas sejatinya bukanlah permasalahan yang hanya terjadi karena kelainan pada sepasang suami isteri saja melainkan lingkungan juga berperan aktif agar hal ini tidak terjadi.

Baca Artikel Lainnya :

Seperti pemberian ilmu dasar infertilitas ini yang seharusnya sudah diberikan sejak dini kepada generasi muda agar ketika mereka dewasa hal ini tidak terjadi lagi.

Demikianlah pengertian serta definisi dari infertilitas yang dapat dijadikan rujukan. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *