Pengertian dan Definisi Keadilan Menurut Aristoteles

Pengertian dan Definisi Keadilan Menurut Aristoteles – Keadilan adalah istilah yang telah digunakan untuk menggambarkan sejumlah ide, termasuk keadilan, kesetaraan dan keabsahan. Beberapa orang membagi keadilan menjadi 2 jenis yaitu sebagai berikut:

Untitled

Keadilan Non Komperatif

Keadilan Non komperatif adalah bagian yang berkaitan dengan memastikan orang apa yang mereka dapat sesuai dengan hak mereka

Keadilan Komperatif

Keadilan komperatif berkaitan dengan distribusi manfaat dan beban dalam masyarakat. Nama lain dari keadilan komperatif adalah keadilan distributif.

Keadilan distributif mengeksplorasi yang terbaik yang berarti moral untuk mendistribusikan sumber daya yang langka atau terbatas antara individu atau kelompok

Definisi keadilan menurut aristoteles, keadilan adalah perilaku yang terletak pada memberikan sesuatu terlalu banyak dan sedikit yang dapat diartikan memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan apa yang menjadi haknya orang tersebut.

Keadilan Komutatif

Keadilan  yang berkaitan dengan perlakuan seseorang dengan tidak melihat jasa jasa yang telah diberikan orang tersebut.

Misalnya seseorang telah melakukan perubahan di perusahaan tempat dia bekerja, tetapi suatu hari dia melakukan korupsi maka seseorang itu diberi hukuman tanpa melihat kebaikan kebaikan yang telah dilakukan pada perusahaan itu.

Keadilan Distributif

Keadilan yang berkaitan dengan perlakuan seseorang dengan melihat jasa jasa yang telah diberikannya.

Misalnya seseorang melakukan perubahaan di suatu perusahaan sehingga perusahaan itu menjadi maju lalu perusahaan itu menaikkan gaji seseorang itu sebagai tanda prestasi yang telah dia lakukan.

Keadilan Kodrat Alam

Keadilan kodrat alam adalah memberikan sesuatu yang sesuai saat diberikan seseorang kepada kita.

Misalnya saat seseorang memberikan sesuatu yang baik kepada kita maka kewajiban kita adalah memberikan sesuatu yang baik pula kepada orang itu.

Keadilan Konvensional

Keadilan dimana seseorang telah menaati peraturan perundang undangan di suatu tempat. Misalnya seseorang telah menaati peraturan yang berlaku di tempat dia tinggal

Keadilan Perbaikan

Keadilan perbaikan adalah di mana seseorang berusaha memulihkan nama orang lain yang tercemar.

Baca Artikel Lainnya :

Misalnya seseorang itu berusaha memulihkan nama baik yang tercemar dengan meminta maaf ke orang yang telah dicemarkan di depan umum

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *