Pengertian dan Definisi Kedaulatan Rakyat

Kedaulatan rakyat memiliki arti dimana suatu hal yang terbaik dalam masyatakat adalah apa yang dianggap baik oleh semua orang yang merupakan rakyat. Kehidupan bernegara hampir memiliki prinsip serupa dengan kehidupan berkeluarga.

f 49

Kedaulatan rakyat memberikan pandangan bahwa yang memegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat itu sendiri dalam kehidupan bermasyarakat dan juga bernegara. Arti dari kedaulatan sendiri adalah kekuasaan yang tertinggi yang dapat membuat undang-undang dan melaksanakan hal tersebut dengan segala cara yang ada.

Oleh sebab itu, kedaulatan rakyat memiliki konsekuensi dimana rakyat memiliki kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bernegara.

Sebuah kedaulatan rakyat juga dapat diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Dalam hal ini berarti pemerintah berasa dari rakyat dimana mereka yang berada pada pemerintahan itu terdiri dari rakyat sendiri dan mendapatkan dukungan dari rakyat.

Pemerintahan oleh rakyat memiliki arti bahwa pemerintah yang ada diselenggarakan oleh rakyat dengan cara demokrasi langsung ataupun melalui demokrasi pewakilan.

Pada suatu pemerintahan dimana terdapat kedaultan rakyat biasanya akan terdapat peran dari tiga lembaga negara sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat tersebut dan juga sebagai pengatur kegiatan pemerintahan. Berikut adalah tiga lembaga tersebut :

  1. Lembaga Legislatif : Merupakan lembaga yang mempunyai peran dalam membuat Undang-Undang. Adapun contoh dari lembaga legislatif adalah DPR, MPR, dan juga DPD
  2. Lembaga Eksekutif : Lembaga yang satu ini adalah lembaga yang mempunyai peran dalam melaksanakan Undang-Undang . Presiden dan Wakil Presiden adalah contoh dari lembaga eksekutif.
  3. Lembaga Yudikatif : Lembaga Yudikatif memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksaan Undang-Undang yang dilakukan oleh lembaga eksekutif. Contoh dari lembaga yudikatif ini adalah Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Kedaulatan rakyat sendiri memiliki dua jenis kedaulatan, yakni adanya kekuatan kedaulatan ke dalam dan juga kekuatan kedaulatan ke luar, berikut akan dijelaskan mengenai dua jenis kedaulatan tersebut :

  • Kedaulatan Ke Luar : Maksud dari kedaulatan ke luar adalah pemerintah memiliki kuasa untuk tidak tunduk ataupun tidak memiliki ikatan kepada kedaulatan kecual kepada ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan. Sebuah negara-negara memiliki kewajiban untuk menghormati kedaulatan negara lain dengan cara tidak ikut campur dalam kepentingan atau urusan negara tersebut.
  • Kedaulatan Ke Dalam : Kedaulatan Ke Dalam memiliki artian bahwa pemerintah memiliki wewenang tertinggi untuk mengatur dan juga menjalankan pemerintahan yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain jenis kedaulatan, kedaulatan rakyat juga memiliki sifat-sifat kedaulatan, dibawah ini akan dijelaskan mengenai sifat-sifat kedaulatan tersebut :

  • Asli, dalam hal ini kedaulatan bukan berasal atau tercipta karena kekuasaan lain. Kekuasaan yang asli adalah kekuasaan yang berasal dari rakyat dan merupakan kekuasaan yang tertinggi. Begitupun dengan kekuasaan yang dimiliki tiga lembaga yang ada, karena kekuasaan mereka adalah hasil dari pilihan rakyat.
  • Permanen, sifat ini mempunyai arti bahwa kekuasaan itu akan terus ada selama negara itu berdiri walaupun pemegang sebuah kekuasaan itu telah berganti-ganti.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *