Pengertian dan Definisi Khatulistiwa

Kamu pasti tahu bahwa negara kita, Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa ini, ya kan? Jadi apa itu garis khatulistiwa? Garis khatulistiwa (bahasa inggris: equator) adalah garis khayal atau garis imajiner yang membagi bumi menjadi dua bagian secara tepat yaitu belahan bumi bagian utara dan belahan bumi bagian selatan.

l 37

Garis khatulistiwa berada pada lintang 0o dan merupakan garis panjang yang mewakili keliling bumi. Panjang khatulistiwa atau ekuator ini sekitar 24.901,5 mil atau 40.075 km.

Wilayah-wilayah yang dilewatinya antara lain: benua Afrika dan Amerika Selatan, dan belasan negara yaitu Columbia, Ekuador, Brazil, Sao Tome dan Principe, Gabon, Kongo, Uganda, Zaire, Somalia, Kenya dan Indonesia.

Wilayah-wilayah di sekitar garis ini disebut sebagai daerah khatulistiwa dan mereka memiliki iklim jenis tertentu. Daerah khatulistiwa biasanya ditandai dengan iklimnya yang hangat dan basah.

l 38

Pada saat terjadi equinox, di khatulistiwa matahari berada persis di atas kepala pada tengah hari. Latitude sisi utara Bumi menuju Matahari pada equinox antara Maret dan September dikenal sebagai Tropik Cancer (lihat gambar). Sedangkan sisi selatan Bumi terjadi antara equinox September dan Maret disebut sebagai Tropik Capricorn.

Saat berotasi, bumi bergetar sedikit dan ini terjadi sepanjang tahun. Sehingga wilayah di bumi yang garis lintangnya lebih tinggi atau lebih rendah dari khatulistiwa mengalami musim panas dan musim dingin dan juga panjang hari yang bervariasi.

Namun, di khatulistiwa hal ini tidak terjadi karena getaran yang terjadi di bagian ini sangat minim dibanding bagian lain. Hal ini menyebabkan wilayah khatulistiwa mengalami siang hari selama kira-kira 12 jam sepanjang tahun.

Untuk masalah iklim, daerah khatulistiwa mendapatkan lebih banyak panas Matahari daripada daerah lain di permukaan Bumi. Pemanasan atmosfir di daerah ini juga memengaruhi iklim dunia.

Kenapa daerah sekitar khatulistiwa cenderung hangat dan basah? Kenapa pula sebagian besar gurun terletak di pertengahan garis lintang?  Hal ini dapat dijelaskan dengan sistem berikut:

Udara hangat yang mengandung banyak uap air dari permukaan laut naik ke dekat daerah khatulistiwa kemudian mengalir keluar pada ketinggian tertertu yang cukup tinggi, dan karena kehilangan sebagian besar kelembapannya, ia turun di pertengahan garis lintang.

Baca Artikel Lainnya :

Inilah mengapa di wilayah khatulistiwa iklimnya cenderung hangat dan basah dan sebagian besar gurun berada di pertengahan garis lintang.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *