Pengertian dan Definisi Konsep Geografi

Pengertian dan Definisi Konsep Geografi – Geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata geo dan graphein. Geo artinya bumi dan graphein artinya tulisan.

Jadi jika dihubungkan geografi adalah ilmu bumi. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi, persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.

Untitled

Konsep konsep geografi ada 6 yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Lokasi

Lokasi dapat dideskripsikan dengan dua cara yaitu absolut dan relatif. Lokasi Absolut menggambarkan posisi suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur.

Contohnya letak DKI Jakarta berada di 6 derajat LS-7 derajat LS dan 106 derajat BT-108 derajat BT Relatif menggambarkan posisi suatu tempat dengan cara mendeskripsikan. Contohnya adalah rumah sakit itu berada di sebelah utara bank.

  1. Daerah

Daerah adalah pengelompokkan informasi geografis. Sebuah wilayah ditentukan dengan karakteristik. Daerah dapat dicirikan berdasarkan ciri ciri fisik, batas batas, budaya atau agama atau yang lainnya

  1. Tempat

Tempat dapat telihat dengan ciri ciri fisik atau budaya. Karakteristik fisik contohnya yaitu cuaca, suhu, dan lain lain. Karakteristik budaya contohnya yaitu bahasa, Agama, etnis dan lain lain

  1. Kepadatan, Dispersi, dan Pola

Memahami pola spasial sangat penting dalam dari penyelidikan geografi. Pola spatial melihat kesamaan geografi di suatu daerah

  1. Interaksi Spasial

Interaksi spasial adalah sebab akibat dari suatu peristiwa dalam suatu wilayah atau daerah yang mempengaruhi daerah lain.

Interaksi ini dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif. Misalnya perubahan suatu wilayah dari desa menjadi Kota dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas di daerah lain yang berdekatan.

  1. Skala dan Ukuran

Fitur geografis divisualisasikan dengan peta dengan ukuran dan skala yang berbeda. Ukuran dan skala mempengaruhi kelengkapan fitur geografis.

Semakin kecil ukuran skala maka fitur fitur geografis yang dijelaskan kurang detail. Biasanya skala kecil digunakan untuk peta dunia atau peta benua.

Baca Artikel Lainnya :

Skala besar digunakan untuk menunjukkan wilayah geografis yang lebih kecil seperti peta kota dan menunjukkan keadaan geografis yang lebih detail

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *