Pengertian dan Definisi Konsumsi serta Barang Konsumsi

Konsumsi memiliki arti kegiatan mengurangi hingga menghabiskan nilai guna maupun manfaat suatu barang maupun jasa. Untuk lebih mudahnya membedakan apakah sebuah kegiatan itu termasuk sebagai kegiatan konsumsi ataukah bukan.

g 74

Maka Anda harus terlebih dahulu memahami ciri-ciri dari kegiatan konsumsi. Dimana barang-barang yang digunakan pada kegiatan konsumsi adalah barang konsumsi yang ditujukan secara langsung guna memenuhi kebutuhan maupun barang yang digunakan bisa habis atau berkurang.

Dilihat dari ciri-ciri kegiatan konsumsi seperti di atas, maka dapat disimpulkan bahwa konsumsi adalah kegiatan dengan tujuan mengurangi maupun menghabiskan nilai guna dari suatu barang ataupun jasa. Pelaku dari kegiatan konsumsi dinamakan sebagai konsumen.

Tujuan Konsumsi

Di dalam kegiatan ekonomi, konsumen melakukan kegiatan konsumsi dengan beberapa tujuan. Diketahui ada 6 tujuan kegiatan konsumsi dan termasuk sebagai pola perilaku konsumen yakni:

  1. Mengurangi nilai guna dari suatu barang ataupun jasa secara bertahap

Semua orang yang melakukan kegiatan konsumsi kemudian mengurangi nilai guna barang maupun jasa tersebut secara bertahap. Contohnya adalah mengenakan pakaian, sepatu hingga kendaraan.

2. Menghabiskan nilai guna dari suatu barang sekaligus

Konsumen bisa juga menghabiskan nilai guna dari suatu barang sekaligus. Contohnya adalah minum dan makan.

3. Memuaskan kebutuhan dalam bentuk fisik

Seseorang juga bisa melakukan konsumsi dengan tujuan mencukupi kebutuhan secara fisik. Dalam hal ini contohnya meliputi mengenakan pakaian berkualitas dengan harga mahal agar penampilan terlihat lebih baik.

4. Memuaskan kebutuhan rohani

Bukan hanya kebutuhan secara fisik semata yang menjadi tujuan seseorang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan konsumsi. Akan tetapi termasuk juga dalam rangka memuaskan kebutuhan rohani yang diantaranya meliputi membeli kitab suci guna memenuhi kebutuhan rohani atau religiusnya.

Baca Artikel Lainnya :

Barang konsumsi

Pengertian dari barang konsumsi diantaranya adalah barang atau benda yang bisa langsung digunakan oleh konsumen yang bersangkutan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Misalnya saja seperti pakaian, nasi, alat tulis kantor hingga rumah. Pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen atau individu yang melakukan kegiatan konsumsi tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *