Pengertian dan Definisi Kreativitas Menurut Beberapa Ahli

Kreativitas merupakan suatu faktor yang ada dalam diri seseorang dan sering dikatakan sebagai bawaan yang ada pada dirinya sehingga sulit untuk mengendalikan ataupun memancing suatu kreativitas seseorang.

f 51

Oleh karena itu, hingga saat ini hanya ada beberapa sedikit penelitan yang dilakukan terhadap sebuah kreativitas seseorang yang dikarenakan oleh faktor tadi. Namun bukan berarti kreativitas tidak memiliki arti, berikut adalah pengertian dan definisi kreativitas yang dikemukakan oleh beberapa ahli :

  • Imam Musbikin : Menurut Musbikin kreativitas merupakan kemampuan dalam memunculkan ide, melihat suatu hubungan baru yang tidak terduga sebelumnya, atau sebuah kemampuan dalam membuat suatu formula terhadap konsep tertentu.
  • Sternberg : Kreativitas menurut Sternberg adalah titik pertemuan diantara tiga hal yang merupakan simbol dari psikologis seseorang yaitu kepribadian, intelegensi, dan juga gaya kognitif.
  • Utami Munandar : Pengertian kreativitas yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah kemampuan umum dalam menciptakan hal yang baru, baik dalam hal memberikan sebuah gagasan baru yang bisa untuk diterapkan dalam sebuah persoalan ataupun dalam melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur yang sudah ada.
  • Baron : Baron menjelaskan kreativitas sebagai kemampuan dalam menciptakan atau menghasilkan suatu hal yang baru.
  • Mangunhardjana : Kreativitas adalah suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang berguna, lebih baik, mempunyai sifat mempermudah, melancarkan, mengembangkan, mengurangi, dalam suatu permasalahan yang ada.
  • Supriyadi : Supriyadi menjelaskan bahwa kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, hal ini dapat berupa sebuah gagasan ataupun karya yang memiliki sifat berbeda dengan apa yang ada seblumnya. Supriyadi juga menjelaskan bahwa kreativitas adalah kemampuan berfikir yang tinggi.
  • Rhodes : Kreativitas yang didefinisikan oleh Rhodes adalah sebuah hal dimana ada empat unsur didalamnya yakni, Individu, Proses, Dukungan, dan Produk. Seorang individu dalam hal ini mempunyai suatu kreativitas yang akan melibatkan dirinya dalam sebuah proses kreatif dengan disertai dengan dukungan dari lingkungan sekitar, yang nantinya akan menghasilkan suatu produk kreatif.
  • Clark Moustakis : Moustakis menjelaskan kreativitas sebagai sebuah pengalaman yang dituangkan dalam bentuk ekspresi atau aktualisasi seseorang menjadi bentuk yang terpadu dalam hubungannya dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.
  • Haefele : Kreativitas menurut Haefel adalah kemampuan dalam membuat suatu kombinasi baru yang terdapat makna sosial didalamnya.
  • Hullbeck : Hullbeck mengemukakan kreativitas sebagai sebuah tindakan kreatif yang muncul dari keunikan pribadi seseorang dalam interaksi orang tersebut dengan lingkungannya.

Baca Artikel Lainnya :

Dari beberapa pengertian dan definisi yang dikemukakan oleh para ahli tersebut dalam menjelaskan arti dari kreativitas, dapat disimpulkan bahwa pengertian dan definisi dari kreativitas adalah kemampuan dalam menciptakan suatu hal yang baru, dimana terdapat proses konstruksi ide seseorang secara orisinil dan juga inovatif yang kemudian diterapkan dalam memecahkan suatu persoalan tertentu, serta kegiatan yang memilik manfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *