Pengertian dan Definisi Kronologi, Periodisasi dan Historiografi Dalam Sejarah

Pengertian dan definisi kronologi, Periodisasi serta Historiografi dalam sejarah sangat berkaitan dengan waktu. Maksud dari waktu disini berfungsi untuk peneliti baik sebuah institusi atau sejenisnya untuk menentukan kapan peristiwa terjadi dan bagaimana proses terjadinya.

Kromologis merupakan sebuah rangkaian peristiwa yang terjadi yang dibutuhkan oleh peneliti maupun institusi untuk mengetahui proses terjadinya periatiwa tersebut, kapan awal terjadinya dan kapan berakhirnya.

Untitled

umumnya yang sering membutuhkan kronologis adalah penegak hukum seperti kepolisian, jaksa, dan masih banyak lagi. penegak hukum membutuhkannya untuk menganalisa dan mengidentifikasi  sebuah permasalahan agar mendapatkan pemicunya serta solusinya.

Bila dalam kronologis sejarah merupakan sebuah urutan peristiwa serta tahapan-tahapan sejarah yang terjadi di masa lalu. Misalnya kronologis sejarah runtuhnya kerajaan sriwijaya, kronologis kemerdekaan republik indonesia dan masih banyak lagi.

Walaupun hampir ada kesamaan, bila Periodisasi merupakan waktu yang terdapat dalam proses terjadinya sejarah, maka akan membentuk sebuah periodisasi sejarah.

Umumnya Periodisasi difungsikan untuk memahami sebuah cerita yang ada di dalam sejar agar bisa menjadi sinkron sehingga lebih mudah memahami sejarahnya. Jadi bisa dikatakan periodisasi ini merupakan sebuah serialisasi rangkaian peristiwa menurut urutan zaman.

Jika peristiwa yang terjadi ditulis dengan adanya tampilan periodisasi nantinya akan mempermudah dalam mengetahui karakteristik kehidupan setiap manusia pada periode masing-masing jadi lebih mudah dipahami.

Selain itu fenomena yang terjadi akan ada pengulangan atau tidak dalam periode kehidupannya masing-masing.

Historiografi sejarah merupakan sebuah metode menggambarkan secara tertulis sebuah perjalanan atau peristiwa kehidupan manusia di masa lalu.

Cara ini umumnya digunakan oleh BPS atau Badan pusat statistik dalam melihat perbandingan populasi kehidupan masyarakat dimasa lalu dengan masa sekarang.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian dan definisi Kronologi, Periodisasi dan Historiografi dalam sejarah. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut harapannya masyarakat dapat membedakanpenggunaan istilah tersebut serta penerapannya.

Baca Artikel Lainnya :

khususnya bagi para peneliti yang sedang meneliti sejarah perjalanan kehidupan manusia. Setiap sejarah memiliki beragam peninggalan mulai dari benda bersejarah hingga relief dari budaya kehidupan manusia.

Sehingga dengan adanya istilah-istilah tersebut sangat membantu pula dalam hal mempresentasikan hasil analisa atau penelitian benda bersejarah dalam periode tertentu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *